Disaksikan Jokowi, PM Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Menlu Retno di Istana Bogor

Disaksikan Jokowi, PM Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Menlu Retno di Istana Bogor

Jakarta – Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat. Dalam proses penyambutan, Xanana terlihat mencium Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Momen tersebut terjadi saat Presiden Jokowi dan Xanana Gusmao saling memperkenalkan delegasi masing-masing negara di halaman Istana Bogor. 

Dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (26/1), Jokowi lebih dulu memperkenalkan jajaran para menterinya kepada Xanana Gusmao.

Baca juga: Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden, Nilainya 6 Kali Lipat Gaji Ketua DPR

Retno menjadi perempuan satu-satunya dalam jajaran menteri dan delegasi yang hadir di Istana Bogor pada Jumat pagi. Sekaligus menjadi yang pertama dalam barisan delegasi tersebut.

Pada momen itu, Xanana pun mulai melakukan jabatan tangan dengan degelasi dari sebelah kanan, yakni Retno Marsudi. Terlihat, dirinya mencium tangan Retno yang disaksikan oleh para menteri dan delegasi.

Menyaksikan momen tersebut, Jokowi tampak menyunggingkan senyuman khasnya. Kemudian, Xanana pun melanjutkan menyalami delegasi Indonesia secara berurutan, yaitu Seskab Pramono Anung, Mendagri Tito Karnavian, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan perwakilan Kemenlu.

Baca juga: Menlu Retno Blak-Blakan di DK PBB: Saya Tak Paham ‘Statement’ Macam Apa yang Disampaikan PM Israel

Rupanya, aksi mencium tangan yang dilakukan Xanana, juga pernah dilakukan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo ketika menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada September lalu. 

Hal tersebut dilakukan sebagai rasa hormat Xanana Gusmao kepada Ibu Negara. Pun begitu kepada Menlu Retno Marsudi. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News