Intip Kekayaan Wamenkumham Eddy Hiariej yang Jadi Tersangka Kasus Dugaan Gratifikasi

Intip Kekayaan Wamenkumham Eddy Hiariej yang Jadi Tersangka Kasus Dugaan Gratifikasi

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej atau yang karib disapa Prof Eddy Hiariej ini sebagai tersangka terkait kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata membenarkan pihaknya sudah menjerat Eddy Hiariej sebagai dugaan penerimaan gratifikasi. Surat penetapan tersangka sudah ditandatangani sejak dua pekan lalu.

“Penetapan tersangka terhadap Wamenkumham? Benar, itu sudah kami tandatangani sekitar dua Minggu yang lalu,” ujar Alex di Gedung KPK, Jakarta, dikutip Jumat, 10 November 2023.

Baca juga: Segini Kekayaan Anwar Usman, Paman Gibran yang Diberhentikan dari Ketua MK

Kekayaan Eddy Hiariej

Terlepas dari penetapan tersangka oleh KPK, Eddy Hiariej jadi salah satu pejabat yang memiliki harga kekayaan yang cukup fantastis.

Menukil laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) elhkpn.kpk.go.id, harta kekayaan Eddy Hiariej tercatat Rp20,6 miliar. Harta kekayaan tersebut dilaporkan pada 2 Maret 2023.

Kekayaan Eddy Hiariej ini memang lebih sedikit dibandingkan dengan laporan pada masa awal menjabat sebagai Wamenkumham, yakni 31 Maret 2021. Kala itu, Eddy Hiariej mempunyai harta kekayaan senilai Rp21 miliar

Eddy Hiariej melaporkan kepemilikan empat bidang dan bangunan yang terletak di kawasan Sleman, Jawa Tengah. Adapun nilainya mencapai Rp23 miliar, yang tercatat sebagai hasil sendiri.

Baca juga: Intip Kekayaan Putri Leonor, Sang Pewaris Takhta Kerajaan Spanyol

Untuk harga berberak, Eddy Hiariej melaporkan memiliki tiga kendaraan. Rinciannya, Mobil Honda Odyssey tahun 2014 seharga Rp314 juta, Mini Cooper 5 Door A/T tahun 2015 seharga Rp468 juta, dan Jeep Cherokee Limited tahun 2014 seharga Rp428 juta. Ditotal, nilainya mencapai Rp1,2 miliar.

Selain itu, Eddy Hiariej juga tercatat mempunyai kas dan setara kas senilai Rp1,9 miliar. Eddy melaporkan bahwa dirinya memiliki utang Rp5,4 miliar. Secara keseluruhan, kekayaan Eddy Hiariej tercatat Rp20,6 miliar. (*)

Related Posts

News Update

Top News