Intip Kekayaan Putri Leonor, Sang Pewaris Takhta Kerajaan Spanyol

Intip Kekayaan Putri Leonor, Sang Pewaris Takhta Kerajaan Spanyol

Jakarta – Putri Leonor, sang pewaris tahta kerajaan Spanyol baru-baru ini merayakan ulang tahunnya ke-18 tahun. Di saat bersamaan, dirinya juga melakukan sumpah resmi di Parlemen Spanyol untuk menegakkan konstitusi.

Dengan usia dan sumpah yang diambilnya, Putri Leonor secara hukum dapat menggantikan ayahnya, Raja Felipe VI, sebagai Raja Spanyol. Artinya, ia juga bisa menggantikan berbagai tugas kerajaan saat ayahnya berhalangan hadir.

“Mulai hari ini saya mendedikasikan diri kepada semua orang Spanyol, yang akan saya layani setiap saat dengan rasa hormat dan kesetiaan. Tidak ada kebanggaan yang lebih besar,” katanya, dalam sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak istana, 3 November 2023.

Baca juga: Intip 6 Sumber Kekayaan Boy William, YouTuber hingga Bisnis

Usai membacakan sumpah tersebut, Putri Leonor meminta warganya untuk memberikan kepercayaan atas tugas baru yang diemban oleh sang puteri.

“Saya meminta Anda untuk percaya saya, karena saya telah menaruh seluruh kepercayaan saya pada masa depan kita pada masa depan Spanyol”.

Nantinya, diprediksi Putri Leonor akan semakin sering tampil di hadapan publik lewat berbagai tugas kerajaan.

Profil Putri Leonor

Memiliki nama lengkap Leonor de Borbón y Ortiz, ia merupakan anak sulung Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Kerajaan Spanyol. Putri Leoner lahir di Madrid pada tanggal 31 Oktober 2005.  Dirinya memiliki adik perempuan yakni Putri Sofia yang kini menginjak usia 16 tahun. 

Banyak yang belum tahu, Putri Leonor merupakan cucu dari Raja Juan Carlos dan Ratu Sofía yang sebelumnya sukses memimpin kerajaan monarki Spanyol. Namun, sang putri baru resmi menjadi ahli waris takhta di tahun 2014 setelah ayahnya dinobatkan menjadi raja. 

Di belakang nama besarnya, Putri Leonor menyandang sejumlah gelar antara lain Princess of Asturias, Princess of Girona, Princess of Viana, Duchess of Montblanc, Countess of Cervera dan Lady of Balaguer.

Baca juga: Ini Dia Deretan Artis Terkaya di Indonesia, Ada yang Masuk Forbes?

Kekayaan Putri Leonor

Terlahir di keluarga kerajaan, tentu saja Putri Leonor mewarisi kekayaan dalam jumlah yang sangat besar. Berdasarkan catatan resmi Kerajaan Spanyol, dirinya memiliki kekayaan senilai 18,2 juta Euro atau setara Rp306 miliar.

The Sun melaporkan, kekayaan bersih Putri Leonor terkait dengan kekayaan keluarganya. Sang ayah, Raja Felipe VI, menurut dokumen istana memiliki kekayaan mencapai €2,6 juta, sekitar £2,2 juta. 

Mayoritas dari jumlah ini disimpan dalam rekening giro dan tabungan di Spanyol, tanpa aset di luar negeri, sedangkan sisanya disimpan dalam bentuk karya seni dan perhiasan. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News