Era Suku Bunga Tinggi, Bank BRI Masih Tinjau Dampaknya

Era Suku Bunga Tinggi, Bank BRI Masih Tinjau Dampaknya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Oktober 2023 memutuskan untuk meningkatkan suku bunga acuannya menjadi 6 persen atau naik sebesar 25 basis poin (bps).

Melihat hal itu, Direktur Consumer Business PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), Handayani, menyatakan bahwa, saat ini pihaknya masih akan terus melakukan peninjauan terhadap dampak dari adanya era suku bunga tinggi.

Baca juga: Suku Bunga Acuan Tinggi, Bagaimana Dampaknya ke Permintaan KPR?

“Tentunya kami pasti harus memerlukan review dan kalo diperlukan, tentu nantinya akan ditentukan apakah kita nanti akan melakukan reprice up untuk pinjaman-pinjaman yang bertenor panjang pastinya,” ucap Handayani saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip 25 Oktober 2023.

Sementara itu, Handayani pun menilai jelang tahun politik 2024 perekonomian di Indonesia justru akan bergerak positif yang ditandai dengan adanya pergerakan dana dari pusat ke daerah.

“Loh biasanya kan kalo di tahun politik justru perekonomian bergerak, kemudian pergerakan dana dari pusat ke daerah juga semakin tinggi kemudian banyak pekerjaan-pekerjaan yang relate dengan kegiatan kampanye, bikin kaos, bikin spanduk kan, menggerakan perekonomian daerah,” imbuhnya.

Baca juga: Sudah Tepat, BI Naikan Suku Bunga Acuan jadi 6 Persen

Adapun, Handayani juga memperkirakan laba bersih untuk kinerja keuangan BBRI di kuartal III-2023 akan lebih besar dibandingkan realisasi laba pada kuartal sebelumnya.

“Bocorannya (laba bersih) harus naik dong. Masa enggak naik, nanti guidance korporasinya, pasti naik dong, harus optimis dong,” ujar Handayani. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News