Gantikan Joe Biden, Wapres AS Kamala Harris Tiba di RI untuk Hadiri KTT ASEAN 2023

Gantikan Joe Biden, Wapres AS Kamala Harris Tiba di RI untuk Hadiri KTT ASEAN 2023

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Kamala Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, pada Selasa, 5 September sekira pukul 22.00 WIB.

‘Orang terkuat’ nomor dua di AS itu menjadi perwakilan Presiden AS Joe Biden untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 34 ASEAN.

Kedatangan Kamala Harris disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Bos IMF Ingatkan ASEAN Bisa Alami Kerugian Gara-Gara Ini

Dikutip dari laman Gedung Putih, kehadiran dari perwakilan AS di KTT ASEAN 2023 ini, untuk menegaskan kembali komitmen abadi AS terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN.  

“Kehadiran perwakilan AS dimaksudkan untuk mendukung implementasi yang kuat dari Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik dan memastikan kerja sama AS-ASEAN memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Asia Tenggara, AS, dan Indo-Pasifik yang lebih luas,” tulis Gedung Putih.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah membuka KTT ke-43 Asean di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, kemarin.

Selain Kamala Harris, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese beserta pendamping tiba lebih dulu di Indonesia. Ada juga PM China Li Qiang dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga sudah hadir di Jakarta.

Baca juga: KTT ASEAN Hasilkan 93 Kerja Sama Proyek Strategis, Segini Nilainya

Diketahui, total ada 22 pimpinan negara yang hadir terdiri dari 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang. Mereka di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, Selandia Baru, Kanada, Australia, Rusia, dan AS. (*)

Related Posts

News Update

Top News