SMF Salurkan Pembiayaan 14 Homestay di Desa Salenrang, Segini Nilainya

SMF Salurkan Pembiayaan 14 Homestay di Desa Salenrang, Segini Nilainya

Makassar – PT Sarana Multigriya Multifinancial (Persero) atau SMF dan Bumdes Appakabaji menandatangani perjanjian kerja sama pembiayaan homestay di objek wisata Rammang-rammang, Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Melalui kerja sama ini, SMF memberikan dukungan berupa pembiayaan sebesar Rp420 juta untuk 14 homestay.

Dengan dukungan dana dari SMF, homestay swakelola milik warga di salah satu dari tiga objek wisata karst terbesar di dunia ini diharapkan bisa semakin berkembang, dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

“Kenapa SMF itu juga involve dalam pengembangan homestay, karena itu arahan pemegang saham, terutama Kementerian Keuangan. Ibu Sri Mulyani menugaskan SMF sebagai special machice vehincle pemerintah untuk membantu pengembangan desa wisata,” papar Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, di Balai Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jum’at, 11 Agustus 2023.

Baca juga: Strategi SMF Hadapi Tantangan Pembiayaan Rumah yang Masih Minim

Dalam kerja sama ini, SMF berperan sebagai pemberi pembiayaan homestay milik masyarakat di desa atau lokasi wisata melalui BUMdes. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mengajukan permohonan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk kemudian diteruskan kepada BUMdes, dianalisis dan direkomendasikan untuk mendapatkan aliran dana.

Ananta mengungkapkan, bahwa Desa Salenrang merupakan desa yang memiliki potensi wisata yang berlimpah, yang dapat berkontribusi positif pada kebangkitan wisata nasional.

“Kami melihat Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak potensi pariwisata prioritas yang sangat menakjubkan baik yang berbasis keindahan alam, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat lokal,” ujarnya.

Desa Salenrang sendiri menawarkan sejumlah kawasan wisata, seperti wisata Rammang-rammang yang disebut-sebut sebagai salah satu dari 3 wisata alam karst tercantik dan terpanjang di dunia selain di Tiongkok dan Vietnam.

Tidak heran berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional disematkan ke destinasi yang berada persis di Kecamatan Bontoa ini.

Sekadar informasi, pada 7 Agustus lalu, Rammang-rammang dinobatkan dalam 75 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Sebelumnya Rammang-rammang juga meraih Creative Tourism Destination Award 2022, Rammang-rammang berhasil memenangkan 2 dari 3 kategori yang dipertandingkan yaitu kategori Digital dan Youth.

Baca juga: BTN Syariah Dukung Pembiayaan Rumah Bagi Warga Muhammadiyah

Sementara, SMF sendiri sudah melakukan inisiatif strategis pembiayaan homestay ini sejak 2018. Hingga semester I-2023, SMF sudah melakukan pembiayaan terhadap 157 homestay di 17 desa wisata di sejumlah daerah di Indonesia. Total pembiayaan program ini mencapai Rp12,64 miliar.

Naharuddin, salah satu penerima pembiayaan homestay di Rammang-rammang mengaku pembiayaan ini sangat membantu pengembangan pariwisata setempat.

Pria 42 tahun yang berprofesi sebagai tour guide ini berharap semoga ke depannya akan lebih banyak lagi pelaku wisata lokal yang bisa dibantu oleh SMF, dan lebih banyak penyaluran yang disertai dengan diberikan keringanan angsuran. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News