Kerap Dipakai Hadang Demonstran, Intip Sisi Lain Mobil Water Cannon Kepolisian

Kerap Dipakai Hadang Demonstran, Intip Sisi Lain Mobil Water Cannon Kepolisian

Jakarta – Mobil water cannon kerap dipergunakan pihak kepolisian untuk membubarkan aksi demo yang berujung anarkis. Kendaraan taktis ini menjadi perangkat wajib yang ada dalam setiap demonstrasi. 

Water cannon diperlukan untuk mengurai atau membubarkan massa. Sesuai namanya, mobil ini mempunyai kemampuan menyemburkan air dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Pada demo buruh yang digelar di kawasan Patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Kamis (10/8), Polda Metro Jaya pun menyiagakan mobil water cannon. 

Tak ketinggalan dengan pemasangan kawat berduri yang menutup Jalan Merdeka Barat. Dan juga puluhan pagar beton di sisi jalan untuk menutup jalan dengan alat bantu forklift. 

Namun, adakah fungsi lain mobil water cannon selain untuk membubarkan masa demontran?

Dalam praktiknya, mobil water cannon memang dimiliki oleh instansi kepolisian RI. hal ini sesuai dengan karyajurnal milik Eko Syamsuddin Hasrito, Dede Santoso, Kuwat Darmanto dan Agustian berjudul “Integrasi Dan Pengujian Prototipe Sistem Kendali Pada Kendaraan Taktis Water Cannon Sesuai Kebutuhan Polri”.

Di mana, water cannon merupakan salah satu jenis kendaraan taktis yang dimiliki oleh aparat kepolisian yang berfungsi untuk meredam aksi kekerasan dan mengamankan demonstrasi yang bersifat anarkis.

Caranya, dengan cara menyemprotkan air atau sejenis cairan yang dapat secara langsung membubarkan aksi huru-hara.

Baca juga: Ada Demo Buruh, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana dan Gedung DPR

Di Indonesia, mobil water cannon yang dipakai kepolisian adalah buatan PT Pindad (Persero). Dinukil laman resmi PT Pindad, mobil water cannon berpenggerak 4×4 ini memiliki berat 16 ton dengan kecepatan maksimal mencapai 80 kilometer per jam.

Sisi Lain Mobil Water Cannon

Rupanya, mobil water cannon juga dialih fungsikan untuk hal-hal bermanfat lainnya, antara lain:

1. Penyemprotan Desinfektan Pandemi Covid-19

Pada masa pandemi kemarin, mobil water cannon sering dimanfaatkan untuk menyemprotkan disinfektan di sejumlah jalan.

    Mobil satu ini dipilih lantaran lebih efisien dengan daya tampung air besar dan daya semprotnya yang sangat kuat.

    2. Menyalurkan Air Bersih kepada Masyarakat

    Saat musim kemarau datang, sejumlah daerah di Indonesia mengalami kekeringan. Nah, mobil water cannon ini rupanya ialihfungsikan membawa bantuan air bersih.

    Seperti yang dialami warga Desa Karang Bale, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes,  yang mengalami kekeringan sejak musim kemarau tiba. 

    Di mana, Kepolisian Resor Brebes, Jawa Tengah, menyalurkan air bersih sekitar 6.000 liter kepada masyarakat di kawasan tersebut menggunakan Armor Water Cannon (AWC).

    3. Membersihkan Badan

    Biasanya, dalam sebuah demo akan ada saja sejumlah relawan yang rela melumuri seluruh badannya dengan cat air sebagai aksi protes kepada pemerintah. Namun di berbagai kesempatan, pihak kepolisian kerap menggunakan mobil water cannon untuk membersihkan tubuh para relawan tersebut hingga bersih.

    Tentunya, dengan mengatur daya semprot air lebih rendah dan menembakan air ke udara agar masa demo bisa memanfaatkan dengan benar. (*)

    Editor: Rezkiana Nisaputra

    Related Posts

    News Update

    Top News