66 BUMD Berhasil Raih Penghargaan “Top BUMD 2023”

66 BUMD Berhasil Raih Penghargaan “Top BUMD 2023”

Yogyakarta – Sebanyak 66 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sektor keuangan berhasil
meraih penghargaan “Top BUMD 2023” dari Majalah Infobank. Penghargaan diberikan
pada ajang “Infobank Top BUMD 2023” di Hotel Royal Ambarukkmo, Yogyakarta, Kamis,
11 Mei 2023.

Hadir menyaksikan pemberian penghargaan antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae, Ketua Umum Asbanda Supriyatno, dan sejumlah.pejabat lainnya.

Ke-66 BUMD sektor keuangan peraih penghargaan “Top BUMD 2023” tersebut terdiri dari 17 Bank Pembangunan Daerah (BPD), 40 Bank Perekonomian Rakyat (BPR), dan 9 Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS).

Penghargaan “Top BUMD 2023” diberikan berdasarkan rating BPD, BPR, dan BPRS yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank pada kinerja keuangan tahun 2021 dan 2022 (per September).

Beberapa kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank untuk mengukur kinerja BUMD sektor keuangan tersebut antara lain aspek efisiensi dan pertumbuhan, selain penilaian pada aspek profil risiko, good corporate governance (GCG), rentabilitas, dan permodalan.

“Kami mengapresiasi BUMD, baik itu BPD, BPR, maupun BPRS milik pemerintah daerah, yang masih berhasil mengukir kinerja terbaiknya di tengah perlambatan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 dan tekanan ekonomi global,” ujar Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group, dalam kata sambutannya.

Pemberian penghargaan “Top BUMD 2023” ini terasa spesial karena diberikan di tengah acara Literasi dan Inklusi Keuangan yang dihadiri oleh para gubernur, Ketua KPU, Kepala PPATK, Dewan Komisioner OJK & LPS, Deputi Gubernur BI, dan eksekutif keuangan perbankan nasional.

Acara “Infobank Top BUMD 2023” terselenggara berkat kerjasama Infobank Media Group dengan OJK, Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Daerah (Perbamida).

Acara ini juga didukung oleh para sponsor antara lain Bank Kalteng, Bank Sumselbabel, Bank BJB, Bank Jateng, Bank Sultra, Bank BPD DIY, Bank BPD Bali, Bank Nagari, BPR Delta Artha Sidoarjo, Bank Kalbar, BPR Garut, BPRS Sukowati Sragen, BPR Djoko Tingkir, BPR Bahteramas Sultra, Bank Daerah Bojonegoro, serta atas dukungan SuaraJogja.id dan HarianJogja.com sebagai media partners. (*)

Related Posts

News Update

Top News