Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia

Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia

Jakarta – Seorang pembeli bernama Tjoe William yang berdomisili di wilayah Jakarta Barat, mengeluhkan pembelian satu unit iPhone 13 Pro 256 GB warna Green garansi inter, senilai Rp17.560.000, dari salah satu seller di Tokopedia.

Nomor identifikasi atau IMEI iPhone 13 Pro 256 GB yang sudah terlanjur dibelinya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian. Berikut kronologis yang diunggah pembeli di laman resmi mediakonsumen, 5 April 2023.

Pada tanggal 02 Agustus 2022, saya membeli 1 unit iPhone 13 Pro 256 GB warna Green garansi inter, senilai Rp17.560.000, di Tokopedia dari seller: Tech Studio Indonesia (Diamond 1). Sebelum transaksi, saya sudah bertanya perihal IMEI Kemenperin dan garansi. Dijawab bahwa IMEI aman dan garansi Apple 1 tahun.

Pada tanggal 27 Oktober 2022, iPhone hilang sinyal dan dicek di website Kemenperin, ternyata IMEI tidak terdaftar. Saya menghubungi seller perihal IMEI yang tidak terdaftar (seharusnya sudah didaftarkan oleh seller setelah transaksi).

Seller menganjurkan untuk reset network setting, dan sudah dilakukan. Seller meminta foto kotak yang tertulis nomor IMEI dan sudah dikirimkan via chat Tokopedia. Lalu saya diminta untuk menunggu beberapa hari.

Pada tanggal 01 November 2022, kami menanyakan kembali prosesnya, dan diminta untuk menunggu lagi. Dijawab oleh seller, karena banyak yang didaftarkan, jadi harus menunggu didaftarkan (yang berarti sebelumnya tidak didaftarkan ).

Sampai tanggal 11 November 2022, saya meminta bukti proses/pendaftarannya, tapi tidak bisa diberikan oleh seller.

Diberitahukan oleh seller, bahwa sistem Kemenperin yang sedang bermasalah, termasuk barang yang dibeli di Digimap. Karena sistem Kemenperin yang bermasalah, saya mencoba memakluminya.

Pada tanggal 21 November 2022, iPhone dapat berfungsi kembali, tetapi IMEI tetap tidak terdaftar di website Kemenperin.

Saya meminta bantuan seller untuk diurus, untuk mencegah kendala yang sama di kemudian hari dan meminta infonya apabila sudah terdaftar.

Pada tanggal 13 Desember 2023, iPhone kembali mengalami hal yang sama. Sudah menghubungi seller via chat di Tokopedia, dijawab bahwa sudah diregistrasi dan akan diproses lagi.

Tanggal 18 Maret 2023, saya menanyakan prosesnya, dijawab akan di-follow up hari Senin, tetapi tidak ada kabar dan tidak ada respons lanjutan.

Tanggal 29 Maret 2023, saya sudah meminta kepada seller untuk diperhatikan, karena sudah 2 bulan unit tidak dapat digunakan (beberapa teman yang mengalami kendala yang sama saat pertama kali hilang sinyal, iPhone-nya sudah berfungsi normal dan IMEI sudah terdaftar).

Saya diminta mengirim video reset network setting, foto invoice dan kotak iPhone kembali via WhatsApp, karena admin toko di Tokopedia berbeda dengan admin toko di WhatsApp. Saya sudah dikirim via WhatsApp, tapi setelah beberapa hari, chat via WhatsApp juga tidak direspons.

Sewaktu iPhone berkendala pertama kali, saya pernah bertanya kepada CS Tokopedia, dijelaskan karena transaksi sudah selesai, admin tidak dapat berbuat apa-apa. Diminta untuk menghubungi seller saja.

Untuk pembaca Media Konsumen, berhati-hatilah apabila ingin membeli iPhone dengan garansi inter di Tokopedia. Karena apabila berkendala, admin Tokopedia tidak dapat berbuat apa-apa, pembeli akan diminta menunggu tanpa kejelasan. iPhone hanya akan menjadi pajangan karena terbuai iming-iming dari seller IMEI aman.

Reputasi seller Diamond 1, juga tidak menjamin apabila unit berkendala akan dapat dibantu dengan baik (contohnya permasalahan saya). Seller akan menjawab sedang proses/sudah diproses/sedang di-follow up, tanpa ada bukti proses maupun perkembangan dari masalah yang ada.

Lebih baik beli di iBox offline store saja, karena walaupun membeli garansi iBox di seller yang ada di Tokopedia, seller dengan prosedur kerja seperti ini tidak dapat membantu dengan baik, apabila barang yang dibeli bermasalah.

Seller tetap dapat berjualan di Tokopedia, walaupun kendala pada unit yang sudah terjual bermasalah dan tidak dapat diselesaikan dan kemungkinan besar akan terulang kembali di kemudian hari.

Tokopedia seharusnya dapat sedikit membantu pembeli yang berkendala, karena masalah bukan kerusakan unit setelah pemakaian, tetapi ada pada IMEI yang tidak terdaftar sehingga sinyal terblokir yang tidak sesuai dengan janji seller IMEI yang terdaftar sebelum pembelian.

Pengalaman berharga buat saya membeli iPhone di Tokopedia. Semoga masalah ini tidak terjadi pada pengguna iPhone yang lain.

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Related Posts

News Update

Top News