BI Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI jadi 4,1%-5,1%

BI Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI jadi 4,1%-5,1%

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi sebesar 4,1% hingga 5,1% pada 2021. Pemangkasan proyeksi ini merupakan yang kedua kalinya di tahun 2021 dimana sebelumnya, BI memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh positif pada kisaran 4,8% hingga 5,8%. Kemudian, BI kembali merevisi proyeksi tersebut menjadi 4,3% hingga 5,3%.

“BI memerpkriakan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan tahun 2021 akan berada pada kisaran 4,1% sampai 5,1% kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual, Selasa 20 April 2021.

Perry menjelaskan, pemulihan ekonomi RI dalam zona positif didorong oleh konsumsi masyarakat. Meski demikian, Perry menyebut konsumsi swasta masih tumbuh terbatas berdasarkan Indeks Keyakinan Konsumen dan Indeks Penjualan Ritel hingga Maret 2021.

Selain itu, Perry menambahkan, perbaikan ekonomi domestik juga didukung oleh peningkatan kinerja ekspor dan belanja fiskal. Kinerja ekspor diperkirakan terus membaik lebih tinggi dari perkiraan awal tahun, terutama didukung oleh komoditas kelapa sawit, biji logam, kendaraan bermotor, serta besi dan baja.

“Peningkatan ini ditopang kenaikan permintaan negara mitra dagang utama, terutama Amerika Serikat dan China,” jelasnya.

Dari sisi Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) BI memprakirakan masij akan tetap baik, sehingga mendukung ketahanan sektor eksternal. Defisit transaksi berjalan triwulan I 2021 diperkirakan akan rendah, didukung oleh surplus  neraca perdagangan sebesar US$5,52 miliar melanjutkan capaian surplus pada triwulan sebelumnya sebesar US$8,27 miliar. Kinerja positif tersebut terutama ditopang oleh permintaan dari Tiongkok, AS, dan Jepang, serta kenaikan harga komoditas dunia.

Disisi lain, Perry mengatakan pemulihan ekonomi juga akan didorong oleh stimulus fiskal pemerintah dalam bentuk bantuan sosial dan belanja modal yang lebih tinggi dari perkiraan. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News