Meningkatkan Stabilitas Pasar Finansial Melalui Investor Lokal

Meningkatkan Stabilitas Pasar Finansial Melalui Investor Lokal

Jakarta – Pasar Finansial Indonesia saat ini masih rentan oleh gejolak pasar yang terjadi di ranah global. Untuk itu, stabilitas pasar finansial perlu ditingkatkan, salah satu caranya adalah dengan memperluas basis investor domestik, yaitu investor ritel dan institusi lokal.

Roy Sembel, Profesor Keuangan dan Investasi, IPMI Internasional Business School menilai, peranan investor lokal saat ini, terutama investor institusi lokal belum memiliki pendalaman finansial yang ideal. Untuk itu, peran investor institusi lokal harus ditingkatkan, sekaligus menambah partisipasi investor ritel yang teredukasi rasional.

Menurutnya, investor institusi lokal, seperti perusahaan asuransi dan bank, memiliki pendanaan yang besar yang mampu menopang stabilitas pasar finansial. Dengan investor domestik yang kuat, pasar finansial akan lebih stabil dari gejolak global.

“Kenapa investor institusi lokal penting? karena dengan potensi dana yang besar, kita bisa meningkatkan stabilitas dan likuiditas di pasar finansial,” jelas Roy dalam InfobankTalkNews Media Discussion bertema ‘Peran Investor Institusi Lokal Dalam Rangka Pendalaman Finansial Instrumen Saham & Surat Berharga Negara’ yang digelar secara virtual, Rabu, 10 Maret 2021.

Pasar finansial yang stabil akan mampu menjadi sumber pendanaan potensial bagi negara. Dengan demikian, kebutuhan akan pendanaan besar untuk pembangunan seperti infrastruktur, sistem kesehatan, dan pendidikan akan mampu terpenuhi. Jika kebutuhan tersebut terpenuhi, Indonesia akan mampu untuk semakin berkembang lebih maju lagi. (*) Evan Yulian Philaret

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News