Tenaga Kesehatan Diminta Untuk Vaksinasi Sebelum Jadi Vaksinator

Tenaga Kesehatan Diminta Untuk Vaksinasi Sebelum Jadi Vaksinator

Jakarta – Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau kepada tenaga kesehatan agar mendapat vaksinasi Covid-19 sebelum bertugas sebagai vaksinator di fasilitas kesehatan. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan pada seluruh penyelenggara vaksinasi untuk memastikan hal tersebut.

“Untuk pihak penyelenggara fasilitas kesehatan, mohon untuk dapat menjamin setiap tenaga kesehatannya telah tervaksinasi melalui pencatatan dan vaksinasi yang terjadwal,” ujar Wiku pada pada konferensi pers virtualnya yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, 23 Februari 2021.

Kemudian, Satgas juga penyelenggara vaksinasi di fasilitas kesehatan untuk memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh tenaga kesehatan. Kesulitan yang awalnya dialami adalah kesulitan akses, jarak fasilitas pelayanan kesehatan dari domisili peserta vaksinasi, serta pemberitahuan jadwal vaksin.

Selanjutnya, pemerintah juga terus mengejar percepatan pelaksanaan program vaksinasi tahap 1. Hingga saat ini, masih ada sekitar 200 ribu orang tenaga kesehatan yang belum di vaksinasi dari target pelaksanaan sekitar 1,4 juta orang. Wiku menyebut ada beberapa hal yang menyebabkan vaksinasi belum mencapai targetnya. Hal tersebut adalah dari sisi mekanisme vaksinasi, mulai dari registrasi, pelaksanaan juga sosialiasi program vaksinasi yang ditargetkan. (*) Evan Yulian Philaret

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News