Alasan Perlunya Waktu Khusus Bagi Lansia Untuk Vaksinasi Covid-19

Alasan Perlunya Waktu Khusus Bagi Lansia Untuk Vaksinasi Covid-19

Jakarta – Baru-baru ini, program vaksinasi bagi lansia mulai dilaksanakan setelah Badan POM memberi izin penggunaan vaksin Sinovac. Meskipun demikian, Kusnandi Rusmil, Ketua Tim Riset CoronaVac Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran mengungkapkan bahwa vaksinasi lansia memerlukan waktu dan ruangan khusus.

Menurut Kusnandi, waktu dan ruangan khusus diperlukan untuk mengecek penyakit bawaan yang dimiliki oleh setiap lansia. Disamping itu, ruangan yang khusus untuk lansia juga akan memudahkan tenaga kesehatan untuk melakukan penyaringan layak dan tidak layak untuk vaksinasi.

“Vaksinasi untuk lansia itu kan perlu lebih berhati-hati, jadi agak lama petugas bertanya penyakitnya. Selain itu, ruangan khusus dimaksudkan biar nggak bingung yang memeriksanya jadi lansia saja semuanya,” ujar Kusnandi seperti dikutip Sabtu, 13 Februari 2021.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin telah memulai program vaksinasi Covid-19 bagi nakes berusia diatas 60 tahun pada 8 Februari 2021. Program ini dilaksanakan setelah vaksin Covid-19 mendapat izin penggunaan dari Badan POM. Menkes mencatat ada 11.600 nakes lansia yang akan divaksinasi di seluruh Indonesia. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News