Laksanakan PPKM Mikro, Pemerintah Gratiskan Swab Antigen Untuk Desa

Laksanakan PPKM Mikro, Pemerintah Gratiskan Swab Antigen Untuk Desa

Jakarta – Pemerintah akan menggratiskan swab test antigen kepada masyarakat di desa/kelurahan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah testing di masyarakat. ⁣⁠Selain itu, Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah terus meningkatkan aspek 3T, yaitu penelusuran kasus (tracing) dan perawatan (treatment) di setiap kasus Covid-19.

Peningkatan tracing akan dilakukan dengan bantuan pelacak dari Babinsa/Bhabinkamtibmas yang telah dilatih sebagai penelusur oleh Kementerian Kesehatan.⁣⁠ Sedangkan, peningkatan treatment dilakukan dengan pelaksanaan isolasi mandiri, isolasi terpusat, dan perawatan di fasilitas kesehatan yang dikoordinasikan oleh pos jaga desa/kelurahan.

“Pelaksanaan testing dilakukan dengan swab antigen secara gratis yang akan disiapkan untuk masyarakat desa/kelurahan yang disediakan Kementerian Kesehatan dengan menggunakan fasilitas kesehatan dan puskesmas di wilayah masing-masing,” kata Airlangga pada gelar wicara virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, 8 Februari 2021.
⁣⁠
Selain tes gratis, pemerintah juga akan memberikan bantuan kebutuhan dasar pada setiap desa seperti beras dan masker kain sesuai standar. Bantuan-bantuan tersebut akan disiapkan oleh Kementerian Industri dan Kementerian BUMN. Lalu, distribusi bantuan akan dilakukan oleh TNI dan Polri di tingkat Polsek atau Koramil. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News