Guru Besar Termuda FEB-UI, Prof Firmanzah Phd, Tutup Usia

Guru Besar Termuda FEB-UI, Prof Firmanzah Phd, Tutup Usia

Jakarta – Prof. Firmanzah, SE MM Ph.D, Dosen PPIM Universitas Indonesia (UI) yang saat ini menjabat Rektor Universitas Paramadina dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI meninggal dunia pagi ini, Sabtu 6 Februari 2021. Menurut informasi dari Devi Sefutri, sesama dosen UI, almarhum akan dimakamkam hari ini setelah Shalat Dzuhur.

Penyebab kematian Firmanzah bukanlah karena terkena COVID-19 melainkan vertigo yang dikeluhkannya sejak subuh tadi. Saat ini, jenazah masih disemayamkan di rumah duka, Taman Parahyangan Golf, Jl. Situ Indah Golf No. 12, Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat.

Kepergian mendadak Firmanzah yang kelahiran Surabaya, 7 Juli 1976 ini sangat meninggalkan duka yang mendalam terutama bagi keluarga dan civitas akademika UI serta Universitas Paramadina. Ia merupakan Guru Besar FEB-UI termuda yang waktu itu belum genap 32 tahun usianya menjadi Dekan FEB-UI menggantikan Prof Bambang Brojonegoro yang menjadi Wakil Menteri Keuangan.

Demikian juga para cendikiawan di bidang ekonomi dan anggota Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) yang mengenal Firmanzah sebagai Profesor termuda dalam sejarah UI, dan figur ekonom yang cerdas dan berpembawaan tenang.

“Prof Firz, kalau bicara hati hati dan sangat terlihat orang cerdas, lembut dan sangat  baik. Saya terakhir ketemu Prof Firz ketika Konggres ISEI di Bandung tahun 2018. Sambil makan duren banyak bercerita soal tentang kondisi perekonomian Indonesia, soal pentingnya pertumbuhan yang berkualitas, selain banyak bercerita tentang bukunya yang membahas marketing politik,” kenang Eko B Supriyanto, Ketua Komunikasi Strategis ISEI ketika terakhir bertemu Firmanzah di kongres ISEI.

Prof Firmanzah pernah dipercaya sebagai Staf Khusus Presiden di bidang Ekonomi ketika Susilo Bambang Yudoyono menjadi Presiden. Selamat Jalan Prof Firmanzah. (*)

Related Posts

News Update

Top News