Ini Cara Cek Informasi Fakta atau Hoax

Ini Cara Cek Informasi Fakta atau Hoax

Pandemi covid-19 tidak hanya membawa kerentanan pada kesehatan kita saja, namun juga kerentanan pada situasi infodemi, yaitu ketika banyaknya informasi yang beredar sehingga banyak terjebak dengan misinformasi atau hoaks.

Pepatah bilang, sedia payung sebelum hujan, untuk menangkal hoaks, simpan nomor Chatbot Mafindo di https://wa.me/6285921600500 atau sering-sering buka situs web https://turnbackhoax.id dan https://kominfo.go.id/

Ingat, saring dulu sebelum sharing saat menemukan sebuah informasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran informasi yang belum tentu benar ke banyak orang.

Seperti diketahui, informasi negatif yang berlebihan dan belum ada bukti kebenarannya bisa membuat banyak orang mengalami kecemasan bahkan stres.

Satgas penanganan covid-19 pun seringkali lewat situsnya menghimbau seluruh masyarakat berhati-hati dengan adanya informasi yang menyesatkan.

Ada beberapa hal juga yang perlu diketahui dalam menangkal infodemi tersebut. Diantaranya dengan mengecek sumber informasi dan cek dengan detil waktunya.

Selain itu kita juga jangan langsung percaya dengan hanya membaca judul. Judul-judul yang digunakan bisa saja sengaja dibuat sensasional atau provokatif. (*)

Related Posts

News Update

Top News