Efek Reshuffle Berlangsung Sesaat, Indeks Sempat Ambles 2% Lebih

Efek Reshuffle Berlangsung Sesaat, Indeks Sempat Ambles 2% Lebih

Jakarta – Efek Reshuffle Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan melakukan pergantian atau reshuffle pada 6 jajaran Kementerian Kabinet Indonesia Maju berlangsung sesaat di pasar modal.

Berdasarkan pantauan pasar, pagi ini, Rabu, 23 Desember 2020, setelah pada preeopening pagi ini indeks tercat naik 38.55 poin atau 0,64% ke level 6.061,84. Beberapa menit kemudian indeks anjlok tiba-tiba.

Aksi ambil untung yang dilakukan investor di berbagai sektor sahampun membuat indeks merosot hingga 148.87 poin ke level 5.874,41 atau 2,47% pada pukul 09.23.

Seperti duketahui, Presiden Jokowi secara mengejutkan melakukan pergantian atau reshuffle pada 6 jajaran Kementerian Kabinet Indonesia Maju.

Diantaranya Wakil Menteri BUMN yang juga Mantan Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin ditugaskan Jokowi untuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Tri Rismaharini yang merupakan Walikota Surabaya diangkat Jokowi menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial covid-19.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga dipercaya Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

M Lutfi ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Perdagangan yang menggantikan Agus Suparmanto.

Kelima ialah Yahya Cholil Stakuf menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Dan keenam Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi ekspor benih lobster ditangkap KPK. (*)

Related Posts

News Update

Top News