Kasus Covid-19 Meningkat, Satgas Buka Pendaftaran 1.000 Relawan

Kasus Covid-19 Meningkat, Satgas Buka Pendaftaran 1.000 Relawan

Jakarta – Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Andre Rahadian mengatakan, dengan meningkatnya jumlah kasus covid-19 di Indonesia, pihaknya membuka kembali rekrutmen relawan penanganan pandemi virus corona. Andre bahkan menyebut, setidaknya Satgas membutuhkan 1.000 relawan tambahan baru untuk membantu penanganan covid-19.

“Mengingat peningkatan kasus yang masih terus tinggi dan juga kesiapan beberapa rumah sakit terutama rumah sakit rujukan serta wisma isolasi mandiri di hampir semua provinsi yang dibuka, kebutuhan relawan medis yang memiliki STR (surat tanda registrasi) baik dokter maupun perawat itu masih cukup tinggi,” kata Andre pada diskusi virtual melalui YouTube BNPB Indonesia, Jumat 11 November 2020.

Andre menambahkan, para relawan baru ini nantinya akan ditempatkan di berbagai rumah sakit dan puskesmas yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia. Dirinya juga mengungkapkan, sejak awal pandemi hingga saat ini setidaknya sudah ada 5.000 relawan yang telah terdaftar dan bekerja dalam penanganan pandemi.

Andre juga menyatakan, saat ini beberapa tempat Rumah Sakit Covid-19 masih kekurangan relawan diantaranya Wisma Atlet Jakarta yang butuh sekitar 200 relawan, serta sejumlah rumah sakit atau puskesmas di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Andre berharap, dengan adanya relawan tambahan kebutuhan fasilitas kesehatan dapat terpenuhi. Tak hanya itu, dirinya juga berharap dengan adanya relawan baru akan lebih memudahkan shifting pergantian tenaga medis yang berjaga.

Sebagai informasi saja, sebelumnya telah terjadi rekor penambahan kasus covid-19 sebanyak 8.369 kasus pada (3/12). Angka ini tercatat sebagai rekor tertinggi setelah sebelumnya dalam satu pekan terakhir setelah terjadi dua kali rekor penambahan kasus positif Covid harian yakni pada 27 November sebanyak 5.828, dan pada 29 November sebanyak 6.267 orang. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News