Main Game Bareng, Bisa Hindari Anak Stres Saat Pandemi Covid19

Main Game Bareng, Bisa Hindari Anak Stres Saat Pandemi Covid19

Saat Pandemi Covid19, tentu kekhawatiran para orang tua adalah kondisi anak-anak dirumah. Sehingga protokol kesehatan pun harus ketat dilakukan, khususnya terhadap anak yang harus berada di rumah saja.

Namun terlalu lama, anak pun bisa stres di rumah, sehingga peran orang tua sangat penting menjaga anaknya tidak stres selama masa pandemi ini, salah satunya dengan mengajak anak bermain bareng, mulai dari bernyanyi bareng, bermain video game, board game dan lain-lain.

WHO sendiri merekomendasi untuk bermain dengan keluarga atau secara mandiri memainkan sebuah permainan bersama. Paling tidak luangkan waktu sekitar 30 menit bersama keluarga atau kerabat dekat untuk menghalau rasa stres dan takut selama pandemi COVID-19.

Banyak hal yang bisa dilakukan orang tua dalam megajak anaknya bermain bareng, tidak harus di luar rumah. Bayak games yang bisa dimainkan orang tua bareng dengan anaknya di dalam rumah, contohnya game puzzle.

Game puzzle sendiri banyak macamnya. Mulai dari yang ringan untuk anak kecil, hingga anak dewasapun ada.

Membiasakan anak-anak untuk memecahkan puzzle dengan cara mengumpulkan informasi, memahami situasi dan menemukan solusi dengan cepat akan menyiapkan anak untuk menghadapi kehidupan di masa dewasa.

Teka-teki dan permainan puzzle membantu memperkuat logika anak, mengajarkan bagaimana berpikir secara kritis, memahami visualisasi gambar, mengasah kreativitas, dan meningkatkan keterampilan motorik.

Anak kecil mungkin tidak peduli mereka bermain tipe puzzle apa, mereka hanya menikmati bermain puzzle hingga berjam-jam. Mereka bisa penasaran dan selalu mencoba menyelesaikan puzzle yang dihadapinya.

Tidak banyak juga anak-anak yang menyadari bahwa jenis game puzzle tertentu dapat melatih otak mereka. Mereka hanya tahu bermain puzzle itu menyenangkan karena bermain adalah dunia anak-anak. (*)



Related Posts

News Update

Top News