Pantau Kepatuhan Protokol Kesehatan, Satgas Covid-19 Luncurkan Aplikasi BLC

Pantau Kepatuhan Protokol Kesehatan, Satgas Covid-19 Luncurkan Aplikasi BLC

Jakarta – Satgas Covid-19 memperkenalkan aplikasi monitoring perubahan perilaku yang bernama Bersatu Lawan Covid-19 (BLC). Aplikasi BLC ini merupakan sistem monitoring lintas sektor dan terintegrasi yang mampu memberikan data tingkat kepatuhan masyarakat akan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) secara instan atau real-time.

Dr. Dewi Nur Aisyah, selaku Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 menjelaskan, aplikasi ini akan digunakan oleh petugas untuk menginput data yang ada di lapangan. Setelah di input, data akan diproses oleh sistem dan langsung menampilkan grafik secara instan tentang tingkat kepatuhan masyarakat akan pelaksanaan 3M.

“Nanti petugas hanya menginput angka saja, data akan diproses sistem. Nantinya akan keluar grafik dan hasilnya secara instan. Selain laporan realtime, petugas juga bisa mengupload foto-foto laporan real-time tersebut,” jelas Dewi melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis, 29 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Dewi menyebut, aplikasi BLC sudah berjalan sejak pertengahan September 2020. Meskipun demikian, pihaknya masih memerlukan waktu untuk melakukan beberapa pengembangan sistem dan pelatihan petugas lapangan sebelum merilisnya ke publik. Ia menyebut bahwa Satgas Covid-19 akan segera merilis data kepatuhan tersebut secara publik melalui laman covid-19.co.id.

Pada kesempatan yang sama, Sonny Harry B Harmadi, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 mengungkapkan, aplikasi BLC ini sangat membantu timnya untuk menyusun strategi yang lebih baik lagi. Dengan data yang terukur, pihaknya dapat melakukan evaluasi penerapan 3M di daerah atau provinsi yang memiliki tingkat kepatuhan rendah.

“Dari aplikasi ini, apabila ada daerah yang tingkat kepatuhannya rendah, akan kita evaluasi sehingga kesadaran akan 3M akan semakin meningkat. Kita ingin bangun kepatuhan berdasarkan kesadaran dan bukan berdasarkan paksaan,” ujar Sonny. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News