Tambahan Subsidi Bunga KUR sudah Jangkau 7,9 juta Debitur

Tambahan Subsidi Bunga KUR sudah Jangkau 7,9 juta Debitur

Jakarta – Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengungkapkan, hingga 15 September 2020 program subsidi tambahan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah menjangkau 7,9 juta debitur.

Realisasi itu dengan baki debet Rp189,82 triliun,” kata Iskandar dalam diskusi virtual, di Jakarta Kamis, 17 September 2020.

Dirinya menjelaskan, saat ini penerima KUR aktif telah mencapai 7,25 debitur. Iskandar juga menyampaikan kebijakan penundaan angsuran pokok enam bulan juga sudah diberikan kepada 1,37 juta debitur dengan baki debet mencapai Rp44,67 triliun.

Jumlah tersebut, kata dia, meliputi perpanjangan waktu diberikan kepada 1,37 juta debitur dengan baki debet Rp43,77 triliun, serta penambahan limit plafon KUR diberikan kepada 15 debitur dengan baki debet Rp2,46 miliar.

Dirinya juga menambahkan, data realisasi penerima KUR menunjukkan bahwa penerima aktif terus bertambah. Sehingga dirinya menampik bilamana ada kabar bahwa  subsidi KUR diberikan pemerintah tidak berjalan di lapangan.

“Jadi yang tidak dapat ini karena kolektibilitas tidak lancar karena dapat subsidi bunga sebelumnya kolektibilitasnya satu dan dua berpengaruh kepada seberapa besar debitur yang mendapatkan subsidi bunga,” tukas Iskandar. (*)

Related Posts

News Update

Top News