DPR: Modal Asing di Bank Nasional Bakal Beri Angin Segar bagi UMKM

DPR: Modal Asing di Bank Nasional Bakal Beri Angin Segar bagi UMKM

Jakarta – Fathan Subchi selaku Wakil Ketua Komisi XI DPR RI menyatakan bahwa dengan masuknya modal asing ke bank lokal dapat menopang sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di dalam negeri.

Ia menerangkan, bahwa sektor UMKM di Indonesia tidak cukup hanya disupport oleh pemerintah. Namun, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, tanpa terkecuali lembaga perbankan.

“Ketika UMKM sudah ditanggung beban bunganya oleh pemerintah, maka apa selanjutnya. Bila tidak diinject lagi, maka (usaha tersebut) akan hilang,” ujarnya dalam diskusi InfobankTalkNews bertema ‘Peran Pemilik Dalam Mendukung Kinerja Bank: Potret Modal dan Likuiditas di Era New Normal’ di Jakarta,Kamis, 9 Juli 2020.

Maka dari itu, dirinya mengajak semua elemen untuk bersama-sama menjaga stabilitas ekonomi bangsa, karena negara Indonesia terkenal memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik. Ia juga menekankan pentingnya good governance untuk mencegah moral hazard kembali terjadi, dan menyebabkan kerugian.

“Keberatan kami dari DPR adalah harus ada good governance, moral hazard, yang harus dijaga supaya tidak terulang lagi uang nasabah dipindahkan. Dan maka dari itu, media pun juga menjadi watchdog agar tidak terjadi lagi yang seperti ini,” terangnya.

Dengan demikian, diharapkan pertumbuhan ekonomi tidak menjadi minus, karena program pembangunan yang ekspansif dari pemerintah akan ditopang oleh adanya good governance yang baik, sehingga tidak ada moral hazard atau gangguan lainnya. (*) Steven

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News