Rivan Purwantono akan Memimpin Bukopin

Rivan Purwantono akan Memimpin Bukopin

Jakarta — Hari ini Bank Bukopin akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan agenda penyampaian laporan keuangan dan perubahan pengurus.

Perubahan pengurus dilakukan menyusul pengunduran diri Eko R Gindo dari kursi direktur utama dan Rivan A Purwantono yang diminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk menduduki kursi direktur keuangan Kereta Api Indonesia (KAI). Lalu siapa pemimpin Bank Bukopin yang akan ditunjuk oleh pemegang saham hari ini?

Nama Rivan A Purwantono sempat mencuat pasca-pengunduran diri Eko Gindo (Baca tulisan sebelumnya: Eko R Gindo Mundur dari Bukopin1, Siapa Calon Penggantinya?). Namun, beredar nama Djarot Kusumajakti, bankir senior asal BRI yang pernah memimpin Bulog yang akan ditunjuk menjadi dirut Bukopin. “Memang saya pernah diajak diskusi,” ujarnya saat Infobanknews.com meminta keterangan (23 Mei 2020).

Namun, menjelang RUPS digelar hari ini, nama Rivan Purwantono kembali muncul. Sumber Infobanknews.com membisikkan, Rivan memiliki kapasitas dan sudah memahami kelebihan dan kelemahan yang ada di Bukopin. “Rivan punya bekal, yaitu trust dari seluruh stakeholders, pemegang saham, regulator, pemerintah, karyawan, dan nasabah,” ujarnya kepada infobanknews.com (18 Juni 2020).

Rivan juga memiliki rekam jejak yang baik dengan pengalaman di perbankan lebih dari 20 tahun dan kepercayaan Erick Thohir yang menariknya untuk menjadi direksi di perusahaan BUMN kelas mercy. Baik Bosowa Corporation sebagai pemegang saham pengendali (PSP) maupun Kookmin Bank yang sudah menyatakan siap menjadi PSP juga dikabarkan sepakat memberi amanah kepada Rivan.

Sebelum ditarik ke KAI, alumni Universitas Gadjah Mada yang mulai bergabung dengan Bank Bukopin pada 2006 diangkat menjadi direktur konsumer pada 2018. Ketika Infobanknews.com menghubunginya, Rivan enggan memberikan konfirmasi lebih. “Maaf saya belum tahu, saya sekarang sedang bekerja di KAI, soal itu nanti RUPS yang memutuskan,” ucapnya kepada infobanknews.com pada 18 Juni 2020. (*) KM

Related Posts

News Update

Top News