Rupiah Dibuka Menguat Dekati 14.000/US$

Rupiah Dibuka Menguat Dekati 14.000/US$

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini (5/6) dibuka pada  posisi Rp14.075/US$ atau menguat 0,14% dibandingkan perdagangan sebelumnya di level Rp14.095/US$.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra menganalisa, aset berisiko masih berpotensi menguat hari ini karena pasar masih merespon positif pembukaan ekonomi negara pandemi, ditambah dengan rencana stimulus baru dari beberapa negara seperti AS, Jepang dan Zona Euro yang akan membantu pemulihan ekonomi ke depan.


“Namun AS masih dalam diskusi untuk menggelontorkan stimulus fiskal baru. Selain itu Bank Sentral Eropa akan menyediakan dana lebih dari 1 miliar Euro untuk program pembelian obligasi. Serta Bank sentral Jepang berencana melipatgandakan bantuan ke sektor UKM,” kata Ariston di Jakarta, Jumat 5 Juni 2020.

Ke depan menurutnya Rupiah masih berpotensi terus menguat hari dengan sentimen positif global dan dalam negeri. Dimana rencana Pelaksanaan New Normal di Indonesia juga menjadi faktor positif untuk penguatan rupiah karena ekonomi akan aktif kembali.

“USD terhadap IDR berpotensi menguat menuju support di kisaran 14.000/US$, dengan potensi resisten di 14.200/US$,” tukas Ariston.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (5/6) kurs rupiah berada pada posisi 14.100 US$ terlihat menguat dari posisi 14.165/US$ pada perdagangan kemarin (4/6). (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News