Rupiah Ditutup Menguat 15.385/US$

Rupiah Ditutup Menguat 15.385/US$

Jakarta – Dalam perdagangan sore ini (27/4) nilai tukar rupiah ditutup menguat tipis 15 point di level Rp15.385/US$ bila dibandingkan dari penutupan sebelumnya di level Rp15.400/US$.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, pasar global menyambut gembira kabar dari AS dan sejumlah negara Eropa yang bersiap untuk mengendurkan pembatasan sosial (social distancing) dan karantina wilayah (lockdown).

“Di AS, mulai pekan ini Negara Bagian Colorado, Mississippi, Minnesota, Montana, dan Tennessee bersiap mengikuti Gerogia, Oklahoma, Alaska, dan South Carolina yang sudah membuka kembali keran aktivitas publik,” jelas Ibrahim di Jakarta, Senin 27 April 2020.

Penyebaran virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) yang terus melambat di Negeri Paman Sam membuat Presiden Donald Trump memberi restu kepada negara bagian yang akan mengundurkan social distancing dan lockdown. US Centers of Disease Control and Prevention mencatat jumlah pasien positif corona di AS per 25 April 2020 adalah 895.766 orang. Bertambah dibandingkan posisi hari sebelumnya yaitu 865.585 orang.

Sedangkan dari dalam negeri, pemerintah RI melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan Bank Pembangunan Islam (IsDB) siap memberikan dana darurat untuk mengatasi dampak wabah virus corona berkisar US$ 200 juta hingga US$250 juta.

“Ini menandakan banyak lembaga perbankan dunia yang percaya terhadap pemerintah dibawah kepemimpinan Joko Widodo sehingga pasar kembali oftimis bahwa pergolakan ekonomi akibat pandemi virus corona akan kembali stabil karena fundamental ekonomi yang cukup stabil,” tukasnya.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (27/4) kurs rupiah berada pada posisi 15.591/ US$ terlihat melemah dari posisi 15.553/US$ pada perdagangan Jumat kemarin (24/4). (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News