2015 Jadi Tahun Berat Perusahaan Kosmetik

2015 Jadi Tahun Berat Perusahaan Kosmetik

Jakarta–Perusahaan industri kosmetik pada tahun lalu mengalami cobaan cukup berat, seiring perlambatan ekonomi global, salah satunya emiten produk kecantikan, PT Martina Berto Tbk.

Pihak Martina Berto menyatakan tahun 2015 sebagai tahun penuh perjuangan. Pelemahan Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang terjadi sepanjang tahun lalu pun turut mempengaruhi kinerja perusahaan.

“Pelemahan Rupiah terhadap Dolar AS‎ tak dapat dipungkiri memberikan dampak pada perekonomian nasional. Dari pelemahan ini pun kami mencatatkan rugi kurs plus minus Rp10 miliar (unaudited),” kata Direktur Utama Martina Berto, Bryan David Emil di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu, 13 Januari 2016.

Perusahaan yang sahamnya diperdagangkan dengan kode emiten MBTO tersebut menggungkapkan, menurunnya kinerja perusahaan seiring daya beli masyarakat yang menurun.

“Di awal kan Presiden dan Wakil Presiden mengatakan bahwa target pertumbuhan 5%. Tapi ternyata hanya tumbuh 4,7%. Di masyarakat, hal ini ditandai dengan pelemahan daya beli. Karena 60% ekonomi Indonesia disumbang oleh konsumsi. Konsumsi melambat, ekonomi pun melambat. Jadi memang tahun 2015 adalah tahun yang penuh tantangan,” papar dia.

Kendati demikian, di tengah perlambatan tersebut, Bryan mengaku tetap optimistis kinerja perusahaannya tetap positif. Buktinya kata dia, perusahaan tetap bisa mencatatkan pertumbuhan positif di sisi penjualan dan pemasaran produk.

“Angka akhir tahun memang belum audited (belum diaudit) tapi angka dalam catatan kami ada growth ‎(pertumbuhan) di kisaran 3,4% dibanding tahun 2014. Di tengah kondisi ekonomi yang berat, kami bisa tetap tumbuh positif,” pungkas dia. (*) Dwitya Putra

Related Posts

News Update

Top News