JK: Persaingan Digital Buat Bank Alami Konsolidasi Secara Ilmiah

JK: Persaingan Digital Buat Bank Alami Konsolidasi Secara Ilmiah

Jakarta– Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) memprediksi industri perbankan kedepan akan mengalami arah konsolidasi secara alamiah baik melalui akuisisi maupun merger sejalan dengan ketatnya persaingan dan perkembangan layanan digital banking.

Hal tersebut disampaikan JK dalam Dies Natalis Emas ke-50 Perbanas Institute di Jakarta. Menurutnya, dalam menghadapi persaingan, Perbankan diminta untuk tetap berinovasi dalam layanan.

“Ke depan saya kira akan terjadi merger alamiah pada perbankan ,” kata Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu 27 Febuari 2019.

Menurutnya jumlah bank yang ideal kelak bagi perekonomian Indonesia ialah berjumlah 30 hingga 40 bank. Namun dengan masih luasnya jangkauan pasar yang belum dapat diraih perbankan saat ini jumlah bank masih cukup besar.

Perkembangan teknologi tidak hanya merubah jumlah perbankan namun kelak menurutnya akan merubah sistem perbankan yang pada masa lalu masih konvensional menjadi digital dan praktis.

“Teterlibatan teknologi bisa merubah sistem. Kenapa orang berpikir BCA transfer terbaik karena dia sudah masuk sistem teknologi saat bank lain belum masuk ke teknologi,” tambah Jusuf Kalla.

Sebagai informasi saja, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Deseember 2018, jumlah bank umum di Indonesia saat ini sebanyak 115 entitas bank. Sedangkan jumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mencapai 1.597 bank.(*)

Related Posts

News Update

Top News