Tips & Trick

7 Tips Melakukan Perjalanan Laut

Jakarta – Melakukan perjalanan via transportasi laut menjadi alternatif di saat harga tiket angkutan udara meningkat berkali lipat. Namun, tetap lindungi diri dengan asuransi.

Wilayah Indonesia yang sangat luas, memang menharuskan seseorang memiih transportasi yang tepat bila ingin melakukan perjalanan. Khususnya perjalanan yang dilakukan antar pulau.

Transportasi darat jelas sudah tersedia di banyak wilayah,namun belum tentu bisa melayani berbagai rute. Demikian pula dengan transportasi udara, yang bisa dikatakan sudah hampir merata di seluruh Indonesia. 

Namun untuk antar pulau jarak tertentu, dengan transportasi udara, harganya memang relatif mahal bahkan bisa saja, ongkos tiketnya lebih mahal dibandingkan dengan tiket dari Jakarta ke luar negeri.

Transportasi laut akhirnya menjadii salah satu alternatif penghubung berbagai pulau di Indonesia. Meskipun waktunya lebih lama dibanding transportasi udara, harganya yang lebih terjangkau, menjadi poin tersendiri. Bila tak terburu waktu untuk sebuah urusan, transportasi laut bisa menjadi pilihan masyarakat.

Ada beberapa tips buat Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan transportasi laut. 

1. Cek ketersediaan kapal

Untuk transportasi laut, kini informasi bisa dengan mudah didapatkan, baik melalui internet atau datang langsung ke pelabuhan terdekat. Disana bisa ditemui agen-agen pejalanan laut atau informasi di pelabuhan. 

Biasanya perusahaan pemilik kapal juga memiliki website yang bisa diakses kapanpun untuk mengetahui kapal apa yang akan berangkat di tanggal tertentu. Ada wilayah yang hanya mengandalkan satu atau dua kapal saja namun banyak juga rute yang memiliki ragam pilihan kapal. Bisa dilihat ketersediaannya bahkan testimoni para pengguna sebelumnya.

2. Cek kapan waktu perjalanan

Tidak seperti transportasi udara yang relatif teratur, waktu perjalanan kapal bisa dibilang kurang teratur, karena memang berbagai faktor, yang bisa saja tidak diduga-duga. Nah, jadwal perjalanan bisa di cek langsung atau melalui website. Biasanya jadwal akan di update per minggu dan bukan jauh-jauh hari.

3. Perhatikan kondisi cuaca

Cuara ekstrim seringkali terjadi. Pastikan kondisi cuaca bersahabat menurut data BMKG, walaupun tentu pihak kapal juga sudah memprediksi soal cuaca dan waktu keberangkatan.

4. Cek kelas yang tersedia

Buat Anda yang sangat peduli dan memerlukan kelas atau kamar khusus di kapal, juga harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena ada kapal yang hanya menyediakan kelas ekonomi tapi ada juga yang menyediakan hingga kamar kelas VIP.

5. Siapkan kesehatan dan kondisi fisik

Ini juga perlu diperhatikan. Apalagi perjalanan bisa jadi panjang dan diluar prediksi. Pastikan dalam keadaan sehat dan kondisi fisik yang baik.

6. Bawa bekal perjalanani

Meskipun ada saja kantin di kapal dan biasanya juga disediakan makan 3x sehari, pastikan juga membawa bekal perjalanan yang cukup. Apalagi buat yang pemilih soal makan.

7. Jangan lupa berasuransi

Sebelum melakukan perjalan jangan lupa sudah memiliki polis asuransi. Misalnya asuransi perjalanan. 

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) memiliki produk Travel Insurance t travella. Tentu perjalanan lebih nyaman dengan adanya perlindungan asuransi. Untuk informasi layanan dan produk bisa mengakses  www.tugu.com.

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

40 mins ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

51 mins ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

1 hour ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

2 hours ago

IHSG Dibuka Naik Tipis ke 7.569, Berpotensi Sideways

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (3/10) indeks harga saham gabungan… Read More

2 hours ago

Jakarta CREATORCON 2024 Sukses Menarik Animo Ratusan Konten Kreator RI

Jakarta – Jakarta CREATORCON 2024 sukses menyedot animo 920 konten kreator di Indonesia. Dengan menghubungkan… Read More

2 hours ago