7 Festival Tahunan Unik di Jogja

7 Festival Tahunan Unik di Jogja

7 Festival Tahunan Unik di Jogja
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

DI musim liburan, Yogyakarta atau yang juga beken disebut Jogja merupakan kota favorit yang banyak dikunjungi. Tak hanya karena tempatnya yang asyik, kebudayaannya yang menarik, ataupun alamnya yang indah. Tetapi juga karena kebudayaannya yang unik. Berbagai festival kebudayaan sering diadakan di Jogja. Tak heran, karena banyaknya festival kebudayaan yang unik ini, para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, banyak yang datang ke Jogja di saat perayaan festival-festival itu.

Apa saja festival-festival yang ada di Jogja? Berikut ini bocorannya!

1. Festival Sekaten Jogja

Festival pertama yang paling ditunggu di Jogja ada Festival Sekaten atau Sekatenan. Festival ini merupakan festival tahunan yang konon sudah ada di Jogja sejak zaman Keraton Yogyakarta dahulu. Sekatenan sendiri itu sebenarnya adalah tradisi memperingati hari lahir Nabi Muhammad. Di mana dalam perayaannya, dilakukan upacara adat arak-arakan prajurit dan abdi dalem Keraton yang membawa gunungan berisi hasil panen. Arak-arakannya disebut Grebeg. Siapa pun yang ada di sana diperbolehkan untuk ikut rebutan gunungan yang dibawa. Dan jangan salah, di momen festival Sekatenan, berbagai produk yang ada di Jogja banyak dijual dengan harga promo. Jadinya, selain bsa menyaksikan festival, kita juga bisa berbelanja.

2. Festival Kesenian Yogyakarta

Festival kesenian Jogja juga banyak ditunggu orang. Tak kalah serunya dengan sekatenan. Setiap tahun, ribuan penonton menyaksikan festival yang diselenggarakan antara bulan Juli hingga September ini. Aneka pertunjukan seni tradisional, pagelaran seni modern, performing-nya seni mancanegara, hingga pemutaran film dan pameran makanan-makanan unik serta barang antik ada di festival kesenian tahunan Yogyakarta ini.

3. Light Festival Yogyakarta

Liburan akhir tahun yang sekaligus juga liburan sekolah anak-anak, biasanya dihabiskan di mana? Di Jogja juga bisa. Sebab setiap akhir tahun, di kota gudeg ini diselenggarakan Festival Light Yogyakarta. Festival yang bentuknya berupa festival lampion.

Selain aneka jenis dan bentuk lampion, di saat festival ini digelar, kita juga bisa menemukan jajanan makanan yang hangat, sebab festival lampion ini memang berlokasi di kawasan Kaliurang. Sebuah kawasan di Jogja yang berupa puncak. Dan tentu, buat para pencinta foto-foto, momen ini bisa dijadikan ajang mengambil gambar di tengah hamparan lampu yang berwarna-warni.

4. Festival Gamelan Yogyakarta

Di Jogja juga ada festival unik, namanya Festival Gamelan Jogja. Di festival ini kita akan melihat penampilan menarik dari grup-grup gamelan yang sudah profesional. Jangan salah, walau pun namanya festival gamelan, tapi penyajiannya cukup modern. Bahkan, ada banyak warga negara asing yang ikut di festival yang dibuat oleh UGM ini. Wajib dicatat nih festivalnya supaya tidak ketinggalan.

5. Festival Manten Tebu atau Cembengan

Di Jogja ada pabrik gula yang namanya Pabrik Gula Madukismo. Nah festival manten tebu atau dikenal juga sebagai Tradisi Cembengan merupakan ritual tahunan yang dibuat guna meminta keselamatan dan hasil gula yang baik, Festival ini sendiri diadakan menjelang musim giling tebu. Yakni sekitar bulan April. Lokasinya tentu saja ada di daerah Pabrik Gula Madukismo. Jangan kaget ya, di tradisi ini nantinya akan diperlihatkan tebu pilihan yang dinikahkan layaknya pengantin Jawa. Dan setelah itu, kita bisa seru-seruan keliling pabrik gulanya.

6. Festival Tionghoa Jogja

Di Jogja juga banyak masyarakat Tionghoa. Nah di awal tahun, mendekati hari raya Imlek, di antara masyarakat Tionghoa ini diselenggarakan Festival Budaya Tionghoa Yogyakarta. Di festival ini, kita akan menyaksikan berbagai hiburan berlatar budaya Tionghoa. Dan pasti, yang banyak ditunggu adalah ada bazar kuliner khas Tionghoa. Lokasinya yang berada di Jalan Ketandan, Malioboro, membuat banyak orang menyebut festival ini sebagai ketandan jogja.

7. Prambanan Jazz Festival

Jogja juga sering membuat festival musik jazz. Salah satu festival yang terkenal dan ditunggu banyak kalangan setiap tahunnya adalah Prambanan Jazz Festival. Tak hanya pencinta musik jazz dari dalam negeri saja yang menyengajakan diri untuk hadir. Bahkan penikmat musik jazz dari berbagai negara, berbondong-bondong datang ke Prambanan. Kenapa disebut Prambanan Jazz Festival itu karena pagelaran musiknya memang diselenggarakan di Candi Prambanan. Jadi selain bisa menikmati musik jazz dari musisi terkenal lokal dan internasional, di festival ini juga kita bisa menikmati keindahan pemandangan Candi Prambanan.

Itu dia 7 festival tahunan unik di Jogja yang sayang sekali jika dilewatkan. Sebab festival-festival tersebut kebanyakan diselenggarakan saat musim atau hari libur tiba. Untuk bisa ke Jogja cek harga tiket pesawat jika hendak memilih perjalanan melalui transportasi udara. Supaya kita bisa membuat itinerary dan juga menyiapkan budget yang sesuai dengan kemampuan kita. Dan jangan lupa, terapkan protokol kesehatan dengan disiplin, ya. Supaya perjalanan nyaman, dan festival yang seru bisa kita nikmati. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]