Ekonomi dan Bisnis

4 Sektor Bisnis Erick Thohir, Sosok Kuat Cawapres Prabowo

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencuat sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. Sinyal Erick akan menjadi pendamping Prabowo menguat setelah diketahui bahwa dirinya telah mengurus surat keterangan tidak pernah terpidana dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Dalam foto surat yang beredar di kalangan awak media, PN Jaksel menyatakan surat yang dibuat Erick Thohir sebagai syarat mendaftarkan diri sebagai cawapres.

“Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagai bukti pemenuhan syarat Calon Wakil Presiden Republik Indonesia,” tulis cuplikan isi surat yang ditandatangani oleh Wakil Ketua PN Jaksel Wahyu Imam Santoso tersebut dilihat pada 18 Oktober 2023.

Baca juga: Erick Thohir Jadi Calon Kuat Pendamping Prabowo, Deklarasi Capres-Cawapres Tertunda Gara-Gara Ini?

Sebelum terjun ke dunia pemerintahan, Erick sudah dikenal sebagai pengusaha Tanah Air yang sukses. Berbagai sektor industri telah digelutinya.

Jadi, jangan heran bila kekayaan Erick berdasarkan laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tercatat Rp2,31 triliun pada 2021. Erick melaporkan hartanya itu pada 31 Maret 2022 dalam jabatannya sebagai Menteri BUMN.

Nah, merangkum berbagai sumber, Infobanknews coba mengulas gurita bisnis dari Erick Thohir yang digadang-gadang calon kuat cawapres Prabowo:

Baca juga: Makin Mengerucut, Ini Dia 4 Kandidat Kuat Cawapres Prabowo, Siapa Saja?
  1. Perusahaan Media

Salah satu perusahaan yang hingga kini digeluti Erick adalah media massa. Dia merupakan founder dari Mahaka Group yang berbegerak di bisnis media cetak, media online, televise, dan radio.

Mahaka Group juga menaungi perusahaan media PT Republika Media Mandiri yang memproduksi media online, yakni Republika Online. Selain itu, Erick juga memiliki 5 persen saham dari salah satu stasiun televisi swasta, yakni Jak TV.

Lini bisnis lainnya di Mahaka Group adalah advertising yang menyediakan jasa layanan periklanan.

2. Bisnis Kuliner

Tak hanya media, Erick Thohir juga punya perusahaan yang bergerak di bidang kuliner di bawah naungan PT Trinugraha Thohor (TNT).

Adapun restoran yang berada dikepemilikan Erick di antaranya Hanamasa, Pronto Restaurant, dan Yakun Kaya Toast.

3. Event Organizer

Satu lagi bidang usaha yang digeluti Erick adalah  event organizer. Diketahui, Mahaka Group telah mengakuisisi  80 persen saham Alive! Indonesia senilai Rp3,7 miliar. Ini merupakan perusahaan layanan brand activation, creative agency, dan event organizer.

Alive! Indonesia sendiri telah berhasil menangani  sejumlah event besar di Tanah Air.  Mulai dari New Honda Vario Launching Exhibition, BRI Exhibition, XL Exhibition, hingga Launching Honda New CBR.

Baca juga: Bakal jadi Cawapres Prabowo, Saham Dua Emiten Erick Thohir Melejit

4. Bisnis Olahraga

Erick tentunya dikenal sebagai pengusaha bidang olahraga. Mulai dari sepak bola hingga basket.  Dalam olahraga basket, Erick diketahui memiliki saham di klub NBA, yakni Philadelphia 76ers. Dia juga sempat memiliki saham klub dari Italia dan Amerika Serikat, yakni Inter Milan dan D.C United. Namun, pada akhirnya Erick memutuskan untuk menjualnya.

Setelah melepas saham klub sepakbola tesebut, Erick dikabarkan kembali membeli saham klub sepakbola bernama Oxford United. Dia mengakuisisi 51 persen saham klub sepakbola tersebut.

Sedangkan di dalam negeri, Erick diketahui memiliki saham klub sepakbola asal Solo, yakni Persis Solo. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

59 mins ago

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel

Jakarta – Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Israel di… Read More

1 hour ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

2 hours ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

2 hours ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

2 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

3 hours ago