4 Cara Merawat TV LED Agar Tahan Lama

4 Cara Merawat TV LED Agar Tahan Lama

Jakarta – Televisi menjadi barang elektronik yang wajib ada di rumah. Bukan hanya untuk menonton, kamu bisa menggunakan TV buat bermain video game, streaming film, hingga melakukan pencarian di internet.  

Tidak heran bila TV LED yang memiliki kualitas layar jernih dan HD menjadi pilihan banyak orang. Tentu, harga TV LED lebih mahal dari TV biasa karena memiliki banyak fitur canggih dan menarik. 

Maka dari itu, sangat penting untuk merawat TV LED supaya tetap memberikan performa yang optimal. Bagaimana caranya? Simak berikut ini. 

1. Letakkan di tempat yang tepat dan aman

Menggunakan TV LED dalam waktu lama dapat menimbulkan panas pada perangkat. Untuk itulah, kamu harus meletakkannya di tempat yang sejuk. Jauhkan dari jendela supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan TV juga tidak mudah terkena air, seperti dekat wastafel dan teras rumah.

Baca juga: Ini Tips Bangun Rumah Tumbuh Impian

2. Bersihkan secara rutin

    Pastikan juga membersihkan layar TV memakai kain microfiber yang lembut. Kamu bisa memakai cairan khusus supaya layar TV lebih bersih. Selain layar, sela-sela TV dan lubang ventilasinya pun harus dibersihkan. Hal ini perlu dilakukan agar debu tidak menumpuk dan sirkulasi udara berjalan dengan baik biar tidak menyebabkan overheat.

    3. Hindari menutup TV dengan kain

    Menutup TV dengan kain  dapat menyumbat ventilasi pada alat elektronik satu ini. Lama kelamaan TV bisa overheat dan merusak komponen internal lainnya. Lebih baik pastikan barang elektronik satu ini diletakkan di tempat yang aman dan terlindungi dari debu dan kotoran.

    4. Matikan TV saat tidak digunakan

    Meski terkesan sederhana, tapi mematikan TV saat tidak ada orang yang menonton merupakan cara paling sederhana untuk menjaganya tetap awet. Bahkan, kamu bisa menghemat aliran listrik, lho.

    Baca juga: Awas Tertipu! Ini Tips Hindari Developer Rumah Bodong

    Tidak sulit bukan merawat TV di rumah? Nah, kamu bisa meletakkan alat elektronik satu ini di atas meja TV minimalis dan tambahkan karpet lantai sebagai alas duduk. Jadi, pengalaman menonton di rumah lebih nyaman dan menyenangkan.

    Untuk memenuhi itu, kamu bisa belanja berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa. Ada banyak promo dan penawaran menarik yang ditawarkan. (*)

    Related Posts

    News Update

    Top News