4 Artis Ini Ternyata Keturunan PKI, Siapa Saja?

4 Artis Ini Ternyata Keturunan PKI, Siapa Saja?

Jakarta – Segala hal yang berbau Partai Komunis Indonesia (PKI) kerap menerima stigma negatif di mata masyarakat Indonesia. Meski partai komunis sudah dibubarkan puluhan tahun lalu, namun ‘keturunannya’ masih bisa ditemukan hingga saat ini. 

Termasuk dari kalangan para artis. Nah, penasaran siapa saja para pesohor yang mengaku masih memiliki keturunan PKI? Check it out!

Baca juga: Kisah Perjalanan Hidup 6 Jendral yang Gugur dalam Tragedi G30S PKI
  1. Reza Rahadian

Aktor berbakat yang dielu-elukan kaum hawa, Reza Rahadian rupanya memiliki darah keturunan PKI. Sang nenek, Fransisca Casparina Fanggidaej merupakan sosok yang berjuang untuk kemerdekaan RI.

Sayangnya, suami Fransisca kala itu ditangkap saat peristiwa Gerakan 30 September lantaran dianggap terlibat PKI. Namun, Fransisca selamat dari penangkapan karena berada berada di Beijing. 

Ia pun takut pulang ke Indonesia dan hanya bisa mengabarkan ke keluarga jika dirinya masih hidup.Sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam mengatakan, Fransisca tidak bisa pulang ke Tanah Air agar keluarganya tak ikut ditangkap oleh pemerintah Orde Baru.

Sebelum Fransisca menghembuskan nafas di Belanda pada November 2013, Reza Rahadian dan sang ibu menengok ke sana. Kala itu, sang nenek berpesan kepada Reza Rahadian untuk tidak pernah berhenti mencintai negerinya.

2. Okky Asokawati

Selanjutnya, ada model ternama, Okky Asokawati. Diketahui, Okky merupakan putri dari AKBP Anwas Tanuamidjaja yang dianggap sebagai orang nomor dua setelah Letkol Untung, dalam peristiwa G30S/PKI.

Selepas ayahnya dipenjara, ibunda Okky menafkahi anak-anaknya sebagai guru les piano dan bahasa Inggris. Okky mengaku menjalani hidupnya dengan sangat normal.

Menurut Okky, ibunya selalu bilang bahwa sang ayah hanya menjadi korban fitnah. Bahkan setelah keluar dari penjara, ayah Okky Asokawati yang dituduh sebagai PKI tidak pernah mengajarkan hal negatif.

3. Fico Fahriza

Komika yang juga seorang aktor Fico Fachriza merupakan merupakan cucu dari Murad Aidit, tak lain adalah adik dari D.N. Aidit, Ketua Partai Komunis Indonesia. 

Bahkan, saat duduk di bangku sekolah dirinya kerap kali mendapat perundungan oleh teman-teman sekolahnya. Salah satunya, tidak memiliki agama atau keyakinan. Bahkan, ia pernah dilarang saat hendak memimpin salat.

Baca juga: 26 Artis Diadukan ke Bareskrim Diduga Promosikan Judi Online

4. Ananta Rispo

Ananta Rispo yang tak lain kakak kandung dari Fico Facriza bahkan secara terang-terangan mengaku sebagai keturunan PKI. Sang kakek yakni Murad Aidit, tak lain adalah adik dari D.N. Aidit.

“Kalau tahu D.N Aidit itu punya adik namanya Murad Aidit. Nah, itu kakek saya. Berarti secara PKI, itu dekat banget gitu, langsung banget. Ini darahnya PKI,” ujar Ananta Rispo dalam salah satu podcast bareng Deddy Corbuzier. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News