3 Sektor Ini Bakal Dongkrak IHSG hingga Akhir Tahun

3 Sektor Ini Bakal Dongkrak IHSG hingga Akhir Tahun

Jakarta – PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia melihat ada tiga sektor yang akan menjadi pendukung pertumbuhan indeks harga saham gabungan (IHSG) hingga akhir tahun ini, di antaranya adalah sektor semen, otomotif, hingga telekomunikasi.

Head of Research Team & Strategist Mirae Asset, Robertus Hardy, mengatakan bahwa, ketiga sektor tersebut menjadi sektor yang diuntungkan dari peningkatan mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat pasca pandemi.

“Ketiga sektor memiliki potensi return yang lebih tinggi dari IHSG yang saat ini langkahnya masih terbebani sektor komoditas. Mobilitas masyarakat utamanya akan mendorong pembelian mobil dan motor,” ujar Robertus dalam keterangan resmi di Jakarta, 15 Agustus 2023.

Baca juga: Jaga Kinerja dan Stabilitas Pasar Modal, OJK Terbitkan Aturan Baru, Ini Rinciannya

Berdasarkan hal itu, Robertus tetap optimis bahwa IHSG masih mampu alami penguatan hingga mencapai level 7.600 pada semester II-2023 sesuai prediksi tim riset Mirae Asset.

Lebih lanjut Robertus menambahkan bahwa, pada sektor otomotif dan di industri pendukungnya akan mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun ini, ditopang oleh penjualan motor yang diprediksi akan naik lebih dari 30 persen.

Kemudian di sektor telekomunikasi, belanja komunikasi masyarakat diprediksi masih akan tumbuh, meskipun tingkat pemakaian ponsel pintar atau smartphone di Indonesia sudah cukup tinggi.

“Potensi pertumbuhannya diprediksi masih cukup besar terutama karena operator telekomunikasi sedang menggodok konvergensi layanan fixed broadband dengan mobile data (Fixed Mobile Convergence/FMC),” imbuhnya.

Baca juga: OJK Ramal Penghimpunan Dana Pasar Modal Tahun Ini Lebih Berat, Apa Pemicunya?

Adapun pada sektor semen, dirinya menilai bahwa semakin pulihnya tingkat konsumsi masyarakat masih akan mendorong pertumbuhan sektor pendukung infrastruktur tersebut, ditambah dengan faktor turunnya harga komoditas yang dapat menguntungkan beberapa produsen bahan bangunan. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News