179 Lembaga Keuangan Dianugerahi Penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024

179 Lembaga Keuangan Dianugerahi Penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024

Jakarta – Majalah digital The Finance yang merupakan bagian dari Infobank Media Group memberikan penghargaan kepada 179 lembaga keuangan dalam ajang “Top 20 Financial Institutions Award 2024” di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2024.

Adapun lembaga keuangan yang mendapat penghargaan tersebut terdiri dari sektor perbankan, perusahaan asuransi jiwa dan umum, reasuransi, serta perusahaan pembiayaan.

Rating ini mengukur performa masing-masing lembaga keuangan dari kelima sektor industri keuangan tersebut, yang bahan baku utamanya adalah laporan keuangan dalam tiga periode terakhir, yakni dari 2021 hingga 2023.

Baca juga: BSSN: Keamanan Siber Perbankan dalam Implementasi Terkelola

Lebih rinci, penghargaan pada sektor perbankan dibagi berdasarkan besaran aset. Kemudian, perusahaan asuransi jiwa, umum dan reasuransi berdasarkan premi bruto. Sedangkan perusahaan pembiayaan berdasarkan aset.

Eko B. Supriyanto, Chairman The Finance, menjelaskan penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024 diberikan kepada sektor perbankan, asuransi, hingga pembiayaan dengan pendekatan penilian kinerja tiga tahun berturut-turut.

“Rating ini mengukur performa masing-masing lembaga keuangan dari lima lembaga keuangan dengan bahan baku laporan keuangan dalam tiga tahun terakhir,” ujar Eko.

Lebih jauh dia menjelaskan, tujuan utama dari gelaran Top 20 Financial Institutions Award 2024 ini untuk memacu kinerja perusahaan atau lembaga keuangan masing-masing.

“Tujuannya agar kita semua untuk lebih memacu kinerja perusahaan masing-masing,” ungkap Eko.

Selain penghargaan kepada lembaga keuangan, The Finance juga memberikan penghargaan khusus kepada Chief Financial Officer (CFO). Dalam kajian “Top 20 Lembaga Keuangan Versi The Finance”, sebanyak 31 CFO dianggap layak masuk Best CFO 2024 versi The Finance.

“CFO ini dinilai oleh tim panel kita. Salah satu kriteria penilaiannya adalah berdasarkan kinerja,” jelas Eko.

Baca juga: Ijazah hingga KK buat Bungkus Gorengan, Eko B. Supriyanto: Pentingnya Literasi Pelindungan Data

Pemberian penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024 dibuka dengan sharing session bertajuk “Digitalization & Strategies for Dealing with Cybercrime Threats In Financial Sector” dengan narasumber Krisna Wijaya selaku Senior Bankers, Dewan Pakar Infobank dan Honorable Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Deputi Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Slamet Aji. (*)

Related Posts

News Update

Top News