10 Tahun Menjabat, Jokowi Pamer Sudah Bangun Jalan Tol, Pelabuhan hingga Bandara Baru

10 Tahun Menjabat, Jokowi Pamer Sudah Bangun Jalan Tol, Pelabuhan hingga Bandara Baru

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer pencapiannya di 10 tahun masa kepemimpinannya dalam pembangunan infrastrukur.

Jokowi mengatakan sejumlah capaian pembangunan infrastruktur ini di antaranya pembangunan 366 ribu kilometer (km) jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, km jalan tol baru. Kemudian, 6.000 km jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru.

“Alhamdulillah, selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar,” ujar Jokowi pada Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada Sidang Tahunan MPR RI, Jumat, 16 Agustus 2024.

Baca juga: Jokowi Beri Tanda Kehormatan RI kepada 64 Tokoh, Ada Nama Surya Paloh hingga Luhut Binsar Panjaitan

Jokowi menjelaskan bahwa dengan pembangunan tersebut pemerintah berhasil menurunkan biaya logistik hingga meningkatkan daya saing Indonesia.

“Dengan pembangunan itu, kita berhasil menurunkan biaya logistik dari sebelumnya 24 persen menjadi 14 persen di tahun 2023. Kita bisa meningkatkan daya saing dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 di tahun 2024,” jelasnya.

Baca juga: Diam-diam Pemerintah Kerek Anggaran IKN di 2024, Sekarang Jadi Segini

Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah juga telah mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan.

“Selain itu, ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa juga terbukti dari daya tahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, dalam menghadapi perubahan iklim, dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News