Hadapi Tahun Politik, TGB Zainul Majdi Tekankan Pentingnya Keikhlasan dan Pengorbanan

Hadapi Tahun Politik, TGB Zainul Majdi Tekankan Pentingnya Keikhlasan dan Pengorbanan

Jakarta – Pada tahun politik nasional saat ini, isu ras, agama dan sosial seakan tidak ada habisnya mewarnai perbincangan masyarakat. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB M Zainul Majdi berpesan agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus mementingkan dua sifat utama yakni rasa ikhlas dan pengorbanan.

Dirinya menjelaskan bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat harus belajar dari kedua sifat tersebut yang telah dilaksanakan oleh para pemimpin kerajaan pada masa lampau.

“Sultan menyerahkan Keraton nya ke Republik, tak hanya itu rakyat Aceh juga mengumpulkan uang untuk membeli pesawat pertama Indonesia. Dari cerita tersebut yang ada saya rasa selalu relevan untuk belajar ialah pertama keikhlasan mereka,” ungkap TGB M Zainul Majdi pada acara Seminar Infobank dengan tema Membangun Stabilitas, Kerukunan dan Kemajuan Bangsa di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Jumat 11 Mei 2018

TGB M Zainul Majdi menambahkan, sifat kedua yang harus dimiliki ialah pengorbanan tanpa rasa pamrih. Hal tersebut dicontohkannya dari sifat masyarakat dan pahlawan Indonesia yang selalu berjuang berkorban apapun untuk Indonesia.

Dirinya juga mencontohkan sikap pengorbanan dan keikhlasan yang telah terjalin di masyarakat NTB dimana pada suatu event masyarakat NTB mampu membangun kerukunan dan kebersamaan.

Baca juga: Infobank Anugrahi 10 Tokoh Inspiratif Nasional

“Kalau keikhlasan tentu ada dalam hati. Beliau para pahlawan menggambarkan kenyataan dimana menyerahkan aset dan kontribusi pengorbanan untuk Nusantara dan mengorbankan aset kesultanannya untuk membangun Indonesia,” tambah Dia.

Sebagai informasi, pada hari ini TGB M Zainul Majdi juga menerima penghargaan “Top 10 Most Outstanding People 2018” majalah Infobank. Selain nama tersebut ada juga tokoh inspiratif lain yang menerima penghargaan tersebut yakni Joko Widodo, Presiden RI; Boediono, Wapres RI periode 2009 – 2014; Ahmad Syafi’i Ma’arif, cendekiawan muslim; Agus Martowardojo, Gubernur BI; Muhammad Zainul Majdi, Gubernur NTB; Djohan Emir Setijoso, Presiden Komisaris BCA; Terawan Agus Putranto, Kepala RSPAD Gatot Subroto; Nadiem Makarim, Founder GO-JEK; Maximus Tipagau, tokoh masyarakat Papua; dan Karni Ilyas, Pemimpin Redaksi TVOne.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.