Ekonomi Syariah Berpotensi Menekan Defisit Transaksi Berjalan

Ekonomi Syariah Berpotensi Menekan Defisit Transaksi Berjalan

Jakarta — Menteri PPN/Kepala Bappenas yang juga Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Bambang Brodjonegoro menilai Ekonomi syariah sangat berpotensi untuk berkontribusi menekan defisit transaksi berjalan.

“Pemerintah harus secara jeli dan cermat dapat memantau komoditas yang permintaannya tinggi, salah satunya adalah produk dan jasa halal yang menurut data Halal Industry Development Corporation tahun 2016, diperkirakan mencapai USD 2,3 triliun,” kata Bambang di Kementerian Bappenas Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Dirinya menjelaskan, sejak 2011, Indonesia telah mengalami defisit transaksi berjalan akibat permintaan eksternal yang melemah terhadap komoditas ekspor serta turunnya harga komoditas ekspor. Defisit transaksi berjalan semakin meningkat pada pertengahan 2013 dan 2014, sebelum mulai membaik pada akhir 2017.

Namun demikian, pada triwulan I 2018, neraca transaksi berjalan kembali mengalami defisit sebesar USD 5,5 miliar, yang dipicu oleh defisit pada neraca pendapatan primer dan jasa yang masingmasing mengalami defisit sebesar USD 7,9 miliar dan USD 1,4 miliar.

Dengan demikian Bambang menyebutkan, pada periode tersebut, neraca pembayaran Indonesia mengalami defisit yang cukup besar, yaitu sebesar USD 3.9 miliar. Dirinya menyebut sumbangsih industri halal dapat mendongkrak angka ekspor nasional.

Berdasarkan statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia Bank Indonesia, dalam 6 tahun terakhir, neraca transaksi berjalan Indonesia belum pernah mengalami surplus. Hal ini patut menjadi perhatian bagi seluruh pihak, mengingat defisit ini menjadi faktor penekan utama dari nilai rupiah yang melemah dalam beberapa bulan terakhir.

“Pemerintah terus berupaya mendorong perbaikan defisit neraca transaksi berjalan, antara lain melalui peningkatan ekspor barang dan jasa,” tambah Bambang.

Asal tau saja, pada 2017, neraca perdagangan barang mencatat peningkatan dengan besaran surplus sebesar 23,3 persen. Secara umum, surplus ini ditopang oleh peningkatan ekspor barang sebesar 16,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan impor barang hanya meningkat sebesar 16,1 persen. (Dicky F Maulana)

Related Posts

News Update

Top News