Zurich Akuisisi 80% Saham Adira Insurance

Zurich Akuisisi 80% Saham Adira Insurance

Jakarta – Zurich Insurance Group (Zurich) mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 80 persen kepemilikan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) yang termasuk dalam 10 besar perusahaan asuransi umum Indonesia, dari Bank Danamon dan investor minoritas.

Adapun jmlah total nilai transaksi ini mencapai Rp6,15 triliun atau sekitar US$414 juta dengan potensi peningkatan nilai ke depannya sesuai kinerja bisnis. Dengan transaksi ini, Zurich akan menjadi perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia.

Chief Executive Officer Zurich untuk Asia Pasifik Jack Howell mengatakan, Zurich telah menjadikan Asia Pasifik sebagai mesin pertumbuhan utama untuk Grup, dan Indonesia adalah salah satu pasar utama. Langkah ini sekaligus membuktikan komitmen untuk memperluas perusahaan di Indonesia.

“Ini membantu lebih banyak lagi nasabah untuk memenuhi kebutuhan asuransi mereka. Kami bersemangat untuk bergabung dengan Bank Danamon dan Adira Finance. Keduanya merupakan merek yang sudah sangat dikenal dan memiliki jaringan distribusi yang luas. Bersama dengan keahlian Zurich di pasarinternasional, kemampuan underwriting dan manajemen risiko terbaik di industri, kami yakin akan keberhasilan bisnis kami dalam jangka panjang,” ujar Jack Howell.

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu pasar asuransi paling menarik di dunia. Selain itu Indonesia juga merupakan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan potensi pertumbuhan yang kuat dan jumlah masyarakat kelas menengah yang berkembang pesat. Di sisi lain, tingkat penetrasi asuransi yang rendah, menghadirkan potensi pertumbuhan yang signifikan untuk pasar asuransi.

Didirikan pada tahun 1996, Asuransi Adira membukukan premi bruto sebesar US$158 juta pada tahun 2017, yang didorong oleh penawaran produk yang terdiversifikasi diantaranya asuransi kendaraan bermotor dan properti, serta kemampuan distribusi yang kuat. Asuransi Adira memiliki posisi terkemuka dalam pasar asuransi kendaraan bermotor dan takaful di Indonesia.

Langkah Zurich yang mengakuisisi saham mayoritas Adira Insurance ini masih menunggu persetujuan regulator dan persyaratan penyelesaian transaksi lainnya yang akan selesai pada kuartal keempat tahun 2018 ini. Setelah selesai, Zurich akan memegang 80 persen kepemilikan Asuransi Adira, dan Bank Danamon akan memiliki 20 persen. (*)

Related Posts

News Update

Top News