Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kurma Panganan Khas Bulan Puasa

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kurma Panganan Khas Bulan Puasa

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kurma Panganan Khas Bulan Puasa
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kurma menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, khususnya saat bulan Ramadan. Buah yang memiliki cita rasa manis ini mengandung nilai gizi tinggi seperti vitamin, serat, dan antioksidan yang dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh.

Tapi, tahukah bahwa sama seperti buah-buahan lainnya kurma juga memiliki ragam jenis yang bermacam-macam? Berikut adalah jenis-jenis kurma yang ada di Indonesia.

1. Kurma Sukari

Kurma yang disebut sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi ini berasal dari wilayah budidaya di Al Qaseem, Arab Saudi. Kurma sukari merupakan salah satu jenis kurma yang paling banyak diminati karena rasanya yang manis legit dan teksturnya yang lembut. Kurma sukari bermanfaat sebagai antioksidan dan mengandung vitamin A yang berperan menjaga sistem imunitas tubuh.

2. Kurma Ajwa

Kurma ajwa berasal dari wilayah Arab Saudi bagian barat. Kurma yang populer dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia ini juga dikenal sebagai kurma nabi. Meskipun berwarna hitam, kurma ajwa memiliki rasa yang manis namun tidak terlalu legit dan daging buah yang lembut. Kurma ajwa bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel dan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

3. Kurma Medjool

Bukan dari Arab, kurma yang satu ini berasal dari Maroko. Berwarna gelap dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari jenis kurma lainnya, kurma medjool mempunyai rasa yang mirip dengan karamel. Kurma medjool baik untuk kesehatan jantung karena kandungan antioksidannya yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

4. Kurma Barhi

Kurma barhi atau barhee merupakan jenis kurma yang berasal dari Afrika Utara dan Timur Tengah. Kurma barhi memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding jenis kurma lainnya, teksturnya renyah, dan dagingnya lembut. Kurma barhi kaya akan serat, zat besi, kalium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan yang bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan kanker.

5. Kurma Deglet Noor

Berawarna kuning cerah, kurma deglet noor memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan berukuran kecil. Jenis kurma satu ini juga banyak ditemui di Aljazair, Libya, Tunisia, hingga Amerika Serikat. Kaya akan kandungan serat, kurma deglet noor dapat mencegah sembelit dan baik untuk kesehatan usus. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]