News Update

Yuk Intip Manfaat Vaksin untuk Manusia

Jakarta – Kehadiran vaksin untuk penanganan Covid-19 di Indonesia dijadwalkan segera terealisasi. Pemerintah pun telah memastikan finalisasi pembelian vaksin dari tiga perusahaan produsen vaksin Covid-19 luar negeri.

Namun, seberapa besarkah manfaat vaksin bagi manusia? Berikut manfaat vaksin mengutip situs satgas penanganan Covid19.

1 Vaksin bisa melindungi diri, menyelamatkan jiwa, keluarga, dan masyarakat dari berbagai penyakit menular dan berbahaya.

2 WHO meyebutkan 2-3 juta jiwa terselamatkan setiap tahunnya di seluruh dunia. Sejak vaksin ditemukan, sejumlah penyakit yang dulu mematikan, atau membuat kelumpuhan semakin jarang, bahkan punah.

3 Vaksin mebentuk kekebalan tubuh, untuk melawan suatu penyakit dengan lebih cepat dan ampuh.

4 Tidak hanya untuk individu, vaksin memberi perlindungan bagi orang-orang yang tidak dapat di imunisasi, contohnya pada orang di usia tertentu atau orang dengan penyakit tertentu.

5 Semua vaksin yang tersedia untuk masyarakat sudah melalui uji keamanan dan efektivitas yang ketat, termasuk uji klinis sebelum disetujui untuk diproduksi dan dapat digunakan.

6 Jika terdapat cukup bayak orang di masyarakat yang diimunisasi, maka dapat mengurangi penyebaran, memutus rantai penularan, dan menghentikan wabah. Sehingga terbentuk kekebalan kelompok.

7 Hampir semua rasa tidak nyaman atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) bersifat ringan dan sementara. KIPI yang bersifat sangat langka.

Dwitya Putra

Recent Posts

Begini Strategi BNC Tingkatkan Inklusi Keuangan Masyarakat Indonesia

Jakarta - Bank Neo Commerce (BNC) memiliki komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat… Read More

22 mins ago

Riset: Budaya Nongkrong Kelas Menengah Bertahan di Tengah Krisis Daya Beli

Jakarta – Managing Partner Inventure, Yuswohady menyatakan bahwa budaya nongkrong di kalangan masyarakat Indonesia sulit… Read More

7 hours ago

Survei Inventur: Kelas Menengah Mulai Tunda Punya Rumah hingga Menikah

Jakarta - Deflasi yang terjadi di Indonesia selama lima bulan berturut-turut sejak Mei-September 2024 menyebabkan masyarakat… Read More

7 hours ago

Great Eastern General Insurance Indonesia jadi Top Perusahaan Asuransi Umum 2024

Jakarta - PT Great Eastern General Insurance Indonesia berhasil meraih predikat Top Perusahaan Asuransi Umum… Read More

7 hours ago

Bank Jateng Sabet Penghargaan di Ajang Top 20 Financial Institutions Award 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng berhasil menyabet penghargaan prestius… Read More

9 hours ago

Bank Jatim Masuk Jajaran Top 20 Financial Institutions Awards 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) berhasil masuk dalam jajaran "Top 20 Financial… Read More

9 hours ago