Nasional

Xinyi Glass China Bakal Bangun Pabrik Kaca dan Panel Surya di Batam, Segini Nilai Investasinya

Jakarta – Hasil pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden China Xi Jinping bawa ‘oleh-oleh’ menguntungkan ke Tanah Air. Sejumlah kesepakatan kerja sama tercapai. Salah satunya adalah kerja sama membangun ekosistem hilirisasi industri kaca dan panel surya di Kota Batam, Provinsi Riau.

“Sejumlah dokumen kerja sama dalam membangun ekosistem hilirisasi industri kaca dan panel surya di Indonesia di Hotel Shangri-La, Chengdu hari ini,” kata Presiden Jokowi sebagaimana dalam postingan akun resmi Instagram Presiden Jokowi @jokowi Sabtu (29/7/2023).

Baca juga: Jadi Nilai Tambah Investasi, Hilirisasi Percepat Indonesia Menjadi Negara Maju

Perjanjian kerja sama itu dilakukan bersama Xinyi Glass, perusahaan bidang kaca terbesar di dunia. Investasi yang digelontorkan perusahaan tersebut juga tak main-main. Nilainya ditaksir mencapai USD11,6 miliar atau setara Rp175 triliun (asumsi kurs Rp15.107 per USD).

“Saya mengapresiasi komitmen investasi Xinyi dalam mendukung hilirasi industri kaca dan panel surya di Indonesia,” lanjut Jokowi.

Sementara, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia merinci, rencana investasi Xinyi Group senilai USD 11,6 miliar tersebut meliputi pengembangan ekosistem rantai pasok industri kaca serta industri kaca panel surya di Kawasan Rempang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Serap 35 Ribu Tenaga Kerja RI

Dia melanjutkan, investasi Xinyi Group ini juga merupakan bukti tingginya kepercayaan investor kepada Pemerintah Indonesia. Sebanyak 35 ribu tenaga kerja asal Indonesia akan terlibat dalam proyek ini.

“Investasi ini untuk membangun kaca dan solar panel. Akan memakai tenaga kerja Indonesia sekitar 35 ribu orang. Arahan Bapak Presiden agar segera eksekusi dan menjalankan percepatan agar proses hilirisasi terjadi,” kata Bahlil.

Baca juga: Catat! Produk Hilirisasi Nikel Bakal Diproduksi UMKM

Sebelumnya, Xinyi Group juga telah melakukan investasi tahap pertama untuk basis manufaktur kaca komprehensif berskala besar di Kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate(JIIPE) di Gresik tahun lalu. Adapun nilainya mencapai USD700 juta.

Galih Pratama

Recent Posts

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

3 mins ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pecinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

1 hour ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

14 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

16 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

16 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

2 days ago