Categories: Ekonomi dan Bisnis

WIKA Pimpin Konsorsium Pembangunan Bandara Kertajati

Jakarta–PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) terpilih sebagai pemimpin konsorsium dalam Paket Konstruksi Sisi Darat Tahap 1A Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati Majalengka Paket 2 (Bangunan Utama Penumpang) senilai Rp1,39 triliun.

Corporate Secretary PT WIKA, Suradi mengungkapkan, penetapan pemenang tender pada proyek tersebut berdasarkan evaluasi adminstrasi, teknis, harga, kualifikasi, dan verifikasi yang telah dilakukan oleh PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Konsorsium WIKA-PP dengan WIKA sebagai leader dipilih oleh PT BJBI sebagai pemenang pada 23 November 2015 dengan surat penunjukkan pemenang Nomor 7/SPPBJ-PKP/BIKB/XI/2015. Dalam konsorsium ini, Perseroan memiliki porsi sebesar 55% dari total nilai proyek.

Menurutnya, proyek Bandar Udara Internasional Jawa Barat rencananya akan berlangsung selama 24 bulan kalender kerja dihitung sejak tanggal yang ditetapkan dalam penandatanganan perjanjian kontrak.

“Lingkup pekerjaan konsorsium meliputi, struktur, arsitektur, mechanical, eletrical, plumbing, dan Elektronika,” ujar Suradi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 23 Desember 2015.

Bandara Internasional Kertajati atau juga dikenal Bandara Internasional Jawa Barat adalah bandara yang dibangun di daerah Kabupaten Majalengka, sekitar 100 kilometer di timur Bandung, Jawa Barat. Luas keseluruhan bandara mencapai 1.000 hektar dan dalam tahap awal akan dipergunakan hanya 646 hektar.

Bandara ini dibangun untuk menyangga Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung yang daya tampungnya terbatas seiring meningkatnya jumlah penumpang pengguna pesawat. “Selain itu, bandara ini juga dibangun untuk melayani daerah di sekitar Cirebon,” tutupnya. (*) Rezkiana Nisaputra

Apriyani

Recent Posts

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Jadi Fondasi Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia… Read More

2 hours ago

Dukung Pertumbuhan Bisnis Nasabah, BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan kapabilitas terbaru dari aplikasi… Read More

3 hours ago

Jangan Tunggu Tua, Ini Tips Jago Buat Anak Muda agar Lebih Cerdas Kelola Uang

Jakarta - PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan internasional AIESEC mengajak ratusan anak… Read More

3 hours ago

Indonesia Privacy Leader Summit 2024: Memastikan Masa Depan Data yang Aman di Era Digital

Jakarta – Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP),… Read More

4 hours ago

Target Ekonomi 8 Persen ‘Dinyinyirin’, Prabowo: Tunggu Tanggal Mainnya!

Jakarta – Presiden terpilih RI Prabowo Subianto mengakui target pertumbuhan ekonomi 8 persen di pemerintahannya… Read More

5 hours ago

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

6 hours ago