News Update

Waspada Gelombang Kedua Covid-19, Rupiah Masih Berpotensi Melemah

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar as pada hari ini (21/7) dibuka pada posisi Rp14.755/US$ atau tercatat menguat 30 poin (0,2%) bila dibandingkan dengan posisi kemarin (20/7) yang ada di level Rp14.785/US$.

Meski begitu, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah menilai pergerakan rupiah masih berpotensi tertekan hingga akhir pekan seiring dengan penambahan kasus baru covid-19 di Indonesia yang membuat second wafe.

“Sekarang rupiah cenderung kembali melemah karena wabah covid-19 yang sudah mulai melanda ada potensi peningkatan kembali atau second wave. seiring dengan peningkatan terlihat terus melemah di 14.700/US$,” jelas Piter melalui video conference di Jakarta, Selasa 21 Juli 2020.

Meski begitu dirinya menilai pergerakan pelemahan rupiah masih lebih baik dibandingkan negara lain. Menurutnya rupiah dipengaruhi oleh perbaikan defisit neraca perdagangan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan neraca perdagangan indonesia pada Juni 2020 mencatatkan surplus US$1,27 miliar. Lebih rinci, pada Juni 2020 realisasi ekspor sebesar US$12,03 miliar, atau meningkat 15,09% jika dibanidingkan dengan Mei 2020. Sedangkan impor menunjukkan pertumbuhan yang lebih tinggi yaitu sebesar 27,56% menjadi US$10,76 miliar.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (21/7) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.813/US$ terlihat menguat dari posisi Rp14.832/US$ pada perdagangan kemarin (20/7). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Dukung Literasi Keuangan, CIMB Niaga Ajak Siswa Menabung Sejak Dini

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berperan aktif dalam meningkatkan Literasi dan… Read More

52 mins ago

BNI dan Garuda Indonesia Hadirkan Bonus 25.000 GarudaMiles di Ultah ke-25

Jakarta - Dalam rangka memperingati 25 tahun GarudaMiles, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau… Read More

3 hours ago

Perluas Layanan Nasabah, Bank INA Buka Kantor Cabang Pembantu di BSD

Jakarta - Bank INA yang merupakan bagian dari Salim Group melanjutkan ekspansi layanan bisnisnya dengan… Read More

6 hours ago

Dukung Bulan Inklusi Keuangan, CIMB Niaga Ajak Pelajar Tour de Bank

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (kedua kiri) bersama Deputi Direktur… Read More

7 hours ago

Prof Soedradjad Djiwandono, Patriot dan Begawan Ekonomi yang Aktif Menulis

Jakarta - Profesor J. Soedradjad Djiwandono MSc MA PhD adalah pribadi luar biasa yang rendah… Read More

11 hours ago

Begini Cara Bank Mandiri Wujudkan Ekonomi Berkelanjutan Lewat Daur Ulang Pakaian

Jakarta - Bank Mandiri terus memperkuat komitmennya terhadap praktik keberlanjutan. Khususnya, dalam Mandiri Karnaval 2024,… Read More

13 hours ago