Waskita Karya Talangi Dana Anak Usaha Rp3,09 triliun

Waskita Karya Talangi Dana Anak Usaha Rp3,09 triliun

Jakarta–Dalam rangka mengembangkan usaha di bidang pengelolaan jalan tol, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) memberikan pinjaman kepada anak usaha yakni PT Waskita Toll Road (WTR) sebesar Rp3,09 triliun.

“Kami memandang bahwa pemberian dana talangan tersebut guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol dan merupakan kegiatan usaha utama perseroan serta bukan merupakan transaksi bisnis,” ujar Sekretaris Perusahaan Waskita, Hadi Susilo, dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu, 14 September 2016.

Ia mengungkapkan bahwa dana tersebut akan digunakan WTR untuk membiayai proyek-proyek pembangunan jalan tol yang dimilikinya sendiri ataupun yang melalui anak usahanya.

“Waskita Toll Road selaku anak usaha kami dengan kepemilikan 99,9% telah mendapatkan fasilitas pinjaman sebesar Rp3,09 triliun. Ini  berdasarkan perjanjian fasilitas pinjaman pemegang saham,” ungkapnya.

Hadi menjelaskan bahwa dari pinjaman yang diperoleh WTR, sebesar Rp72,5 miliar akan diberikan ke anak usahanya PT Citra Waspphutowa (CW) untuk pengadaan lahan jalan tol ruas Depok-Antasari. Kemudian, sebesar Rp773,35 miliar diberikan ke PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR).

Dari situ, WTTR akan menggelontorkan dana Rp773,35 miliar kepada anak usahanya lagi yakni PT Pejagan Pemalang Toll Road.

“PT Pejagan Pemalang Toll Road merupakan pemegang konsensi jalan tol ruas Pejagan Pemalang,” jelasnya.

Sebelumnya WTR telah mendapat pinjaman jangka pendek melalui perseroan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI. Pinjaman yang diperoleh tersebut mencapai sebesar Rp3,7 triliun.

“Dananya digunakan untuk pembiayaan dana talangan pengadaan tanah dan tiap-tiap ruas jalan tol yang dimiliki oleh beberapa badan usaha melalui WTR dan perseroan,” tutupnya. (*) Dwitya Putra

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News