Waduh, Transaksi Perbankan Mulai Beralih ke Fintech

Waduh, Transaksi Perbankan Mulai Beralih ke Fintech

Ini Isi Perpres Road Map E-Commerce 2017–2019
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memandang, nasabah perbankan sudah mulai beralih ke fintech yang tercermin dari angka transaksi transfer bank yang mulai turun dan beralih menggunakan fintech.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta pada saat Fintech Summit and Expo 2019. Dirinya juga menilai, perkembangan fintech juga sangat potensial untuk mendongkrak perekonomian nasional.

“Jangan dibandingkan fintech dengan perbankan. Karena pada transaksi e-commerce kalau dulu hampir 55% transfer bank, sekarang turun jadi 41%,” kata Filianingsih di Jakarta, Senin 23 September 2019.

Ia menambahkan, bahwa pada era saat ini pembayaran e-commerce melalui uang elektronik dari fintech seperti Gopay dan OVO juga terus berkembang hingga menempati porsi 23% dari sebelumnya yang hanya 12%.

Menurutnya di masyarakat telah terjadi perubahan mindset agar tidak terlalu banyak membawa uang cash dan menempatkan dananya di fintech.

Sebagai informasi, BI mencatatkan pertumbuhan Uang Tunai Yang Diedarkan (UYD) Agustus 2019 hanya 4,5% (yoy), sementara transaksi pembayaran nontunai menggunakan ATM-Debit, Kartu Kredit, dan Uang Elektronik (UE) posisi Juli 2019 tumbuh 14,6%, didominasi oleh instrumen ATM-Debit dengan pangsa 94,0%.

Pertumbuhan transaksi UE pada Juli 2019 tetap tinggi mencapai 261,2% (yoy), mengindikasikan preferensi masyarakat terhadap penggunaan uang digital yang terus menguat dan tendensi integrasi UE dalam ekosistem digital yang meluas. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]