Visa gandeng BI dan OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan

Visa gandeng BI dan OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan

Jakarta – Visa yang merupakan perusahaan pembayaran digital menggandeng Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini (23/7) meluncurkan kampanye #IbuBerbagiBijak, sebuah program literasi keuangan yang memasuki tahun ketiga penyelenggaraan di Indonesia.

Program ini digelar dalam rangka mengedukasi dan mendorong perempuan untuk berbagi pengetahuan seputar manajemen keuangan yang lebih baik. Program #IbuBerbagiBijak telah menjangkau lebih dari 300.000 perempuan di seluruh Indonesia sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide lndonesia Riko Abdurrahman mengatakan, pihaknya senang bisa bekerja sama dengan OJK dan BI untuk memperluas program #lbuBerbagiBijak tahun ini, dengan menggandeng para perempuan pelaku UMKM.

“Pertumbuhan wirausaha perempuan sangat menjanjikan dan membanggakan, dan kami ingin merayakannya dengan membekali para perempuan pelaku UMKM dengan manajemen keuangan yang lebih baik untuk memperluas bisnis mereka, dan ikut mengantarkan mereka menuju kesuksesan yang lebih lagi ke depannya,” kata Riko di Jakarta, Selasa 23 Juli 2019.

Sementara itu, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Ricky Satria mengatakan bahwa pengembangan UMKM telah menjadi salah satu strategi utama Bank Indonesia dalam mendorong inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi di indonesia.

“Seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di indonesia, kami sangat menggiatkan UMKM agar memanfaatkan teknologi digital dan segala instrumen non tunai yang tersedia untuk mendukung bisnis mereka,” ungkap Ricky.

Diluncurkan pada bulan Juni 2017, kampanye literasi keuangan #IbuBerbagiBijak dengan segera memperoleh respon positif di berbagai komunitas perempuan.

Tahun ini, kampanye #IbuBerbagiBijak akan berkolaborasi dengan sejumlah komunitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satunya Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), dalam rangka memperluas sasaran program.

Kampanye ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan para perempuan pelaku UMKM sekaligus mendorong inklusi keuangan ke komunitas yang mungkin masih belum memiliki akses ke layanan perbankan. Workshop #IbuBerbagiBijak kali ini akan diselenggarakan di dua kota besar, yakni Bandung dan Yogyakarta, yang memang terkenal dengan semangat kewirausahaannya. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News