Vaksinasi Covid-19 Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Hingga 5%

Vaksinasi Covid-19 Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Hingga 5%

Libur Akhir Tahun, Menkeu Ingatkan Jangan Sampai Pemerintah Injak Rem PSBB
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimis pengadaan vaksin pada 2021 mendatang bakal mendongkrak petumbuhan ekonomi Indonesia hingga bisa mencapai 5% pada tahun depan.

“Untuk tahun 2021 dengan COVID-19 juga masih akan menjadi faktor meskipun kita sudah lebih memiliki harapan positif karena adanya vaksin,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin 21 Desember 2020.

Tak hanya itu, Lembaga internasional lain seperti Asian Development Bank juga memperkirakan ekonomi RI pada 2021 mendatang akan positif di 4,5% meskipun angka tersebut lebih rendah dari perkiraan sebelumnya di 5%.

Sementara IMF memperkirakan ekonomi berada di level 6,1%. Sedangkan prediksi Bank Dunia terhadap perekonomian Indonesia untuk tahun depan forecast-nya di 4,4%, dan OECD 4,0%

Menurutnya, Covid-19 masih menjadi ancaman utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan pihaknya telah merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2020.

Dirinya menjelaskan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV tahun ini diperkirakan minus di kisaran minus 2,2% hingga minus 1,7%. Dimana sebelumnya, Menkeu memprediksi pertumbuhan ekonomi akhir 2020 berada di kisaran minus 1,7% hingga minus 0,6%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]