Utang Luar Negeri RI Per Mei 2021 Turun 0,6%

Utang Luar Negeri RI Per Mei 2021 Turun 0,6%

Jakarta – Posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir Mei 2021 mencapai sebesar US$415,0 miliar atau turun 0,6% (mtm) dibandingkan dengan posisi ULN April 2021 sebesar US$417,6 miliar. Perkembangan tersebut terutama didorong oleh penurunan posisi ULN Pemerintah.

Secara tahunan, ULN Mei 2021 tumbuh 3,1% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 4,9% (yoy). Penurunan posisi ULN Pemerintah tersebut terjadi seiring dengan pembayaran Surat Berharga Negara (SBN) dan pinjaman dalam valuta asing yang jatuh tempo di bulan Mei 2021.

Adapun penarikan ULN dalam periode Mei 2021 tetap diutamakan untuk mendukung belanja prioritas Pemerintah yang saat ini di fokuskan untuk penanganan Covid-19.

Kepala Departemen Komunikasi Direktur Eksekutif BI Erwin Haryono mengungkapkan, peran ULN akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional. Tentunya, pengelolaan ULN juga dilakukan dengan meminimalisasi risiko yang dapat mempengaruhi stabilitas perekonomian.

“Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya,” jelas Erwin pada keterangan tertulisnya, Jumat, 16 Juli 2021.

Sebagai informasi, ULN Indonesia pada Mei 2021 tetap terkendali. Hal ini tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 37,6%.

Selain itu, struktur ULN Indonesia juga tetap sehat. Hal ini ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 88,5% dari total ULN. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News