Usai Pemilu, IHSG Dibuka Terbang 87 Poin

Usai Pemilu, IHSG Dibuka Terbang 87 Poin

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melonjak 87.30 poin atau 1,35 persen ke level 6,568.84 pada perdagangan saham hari ini, Kamis, 18 April 2019.

Penguatan ini dipengaruhi oleh usainya pesta demokrasi tahun 2019, yang berlangsung damai dan aman, meski sudah ada klaim kemenangan dari salah satu pasangan calon.

Analis Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, selain euforia pelaksanaan pemilu, surplusnya neraca perdagangan per Maret sebesar US$540 juta, dan stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan menjadi salah satu pendorong naiknya IHSG hari ini.

“IHSG diprediksi akan menguat, sepertinya para pelaku pasar global sangat mengapresiasi kemenangan Jokowi pada quick count. Dengan demikian, akan terjadi net buy asing,” kata Nafan kepada Infobank.

Lebih lanjut, penguatan IHSG hari ini juga akan ditopang oleh sentimen positif dari luar negeri, di mana proses negosiasi dagang antara AS-Tiongkok yang masih berjalan dengan baik dan sentimen dari dovish statement The Fed.

“Data-data makro ekonomi Tiongkok yang positif seperti data GDP, industrial production dan retail sales juga memengaruhi,” jelas Nafan. (*)

Related Posts

News Update

Top News