Politic

Usai Debat Cawapres, Nama Gibran Merajai Media Sosial, Tapi Perbincangan Negatif

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendominasi percakapan di semua media digital dalam debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1).

Gibran sukses mengungguli lawannya, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. 

Berdasarkan pengamatan Continuum, nama Gibran Rakabuming Raka bertengger diurutan pertama dengan perolehan suara sebanyak 50,21%. Adapun Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 30,29% dan disusul Mahfud MD 19,50%.

Baca juga: Lagi-Lagi Gibran Pakai Jurus Andalan Gunakan Kata Singkatan, Langsung Disentil Moderator

“Gibran menjadi paling populer dengan mendominasi 50,21% percakapan media sosial,” kata Peneliti Big Data Continuum Wahyu Tri Utomo dalam diskusi yang digelar INDEF secara daring, Senin, 21 Januari 2024.

Ia merinci, rata-rata proporsi sorotan di setiap media sosial bersumber dari Twitter 16.724 perbincangan, TikTok 42.439 perbincangan dan Youtube 49.751 perbincangan. Adapun periode data dilaksanakan dari 21-22 Januari 2024

Meski merajai lini media sosial, perbincangan mengenai Gibran tidak melulu berisi sentimen positif masyarakat melainkan perbincangan negatif.

“Bisa jadi dia banyak diperbincangkan tapi isinya adalah topik perbincangan negatif. Atau sebaliknya dia sedikit diperbincangkan atau tidak terlalu banyak diperbincangkan tapi sentimen positifnya tinggi,” tambahnya.

Dari hasil tersebut, diketahui hasil rangkuman tentang gambaran masyarakat akan sosok para kandidat cawapres di Pilpres 2024. 

“Setelah kita analisis lebih lanjut, Cak Imin itu paling positif, Mahfud MD berkelas dan Gibran terlalu banyak gimmick,” jelasnya.

Dijelaskannya, sosok Cak Imin sendiri dinilai paling positif karena menunjukan adanya peningkatan dibanding debat cawapres sebelumnya. 

Baca juga: Mahfud MD Skakmat Gibran Soal Izin Pengusaha Tambang Nakal: Banyak Mafianya, Dibekingi Aparat dan Pejabat

“Selama debat semalam, dia sangat improve, lebih tenang dan menguasai  materi-materi debatnya,” terangnya.

Adapun sosok Mahfud MD dinilai sesuatu yang sangat berkelas dengan kapasitasnya seorang akademisi, profesor dan menjabat di pemerintahan. 

Sementara untuk Gibran, netizen tidak suka dengan gestur dirinya selama debat berlangsung. Selain itu, jawabannya dinilai tidak sesuai dengan pertanyaan yang diberikan atau tema yang diangkat.

“Namun pendukungnya masih yakin bahwa Gibran adalah calon cawapres terbaik dan bangga dengan penampilan debatnya,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago